5 Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Ramadan

Bulan Ramadan telah tiba. Bulan yang penuh ampunan ini merupakan rahmat dan momen yang tepat untuk menjaga kesehatan. Tetapi anehnya walaupun kita diwajibkan untuk berpuasa, tetapi berat badan tidak kunjung turun.

Ya benar sekali, di bulan Ramadhan, kita orang muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, banyak orang yang memanfaatkan ibadah puasa ini sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun pernahkah kamu mengalami kenaikan berat badan saat bulan Ramadhan. Iya, memang, dibulan puasa kita diwajibkan berpuasa dengan menahan lapar dan haus selama seharian, Namun karena hal ini, pola makan kita menjadi tidak teratur, akibatnya tak jarang dari kita yang justru berat badan naik secara derastis saat bulan Ramadhan ini.
Baca
Ini Makanan yang baik dikonsumsi saat Ramadan
Makanan Picu Kolagen bikin kamu awet muda

Agar berat badan tetap stabil selama menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan ada beberapa aturan yang memang harus kamu jalani. Aturannya sangat simple, namun jika kamu mau menjalaninya, maka berat badanmu akan tetap stabil. Nah berikut aturan agar berat badan tetap stabil saat puasa ramadhan.

Makan sahur secukupnya dengan asupan sayuran dan buah

Aturan pertama yang harus kamu jalani adalah makan sahur secukupnya. Makan sahur sangat penting dalam menjalani ibadah puasa. Dengan makan sahur, kita lebih berenergi dan kuat dalam menjalani ibadah puasa. Nah dalam makan sahur ini, kita wajib memenuhi kebutuhan protein dan serat yang baik. Namun jangan sampai kekenyangan ya, makan sahur yang kekenyangan justru akan membuat sangat lapar di pagi harinya.

Olah raga ringan dan tetap aktif meskipun berpuasa

Aturan kedua yaitu kamu harus tetap aktif, dan olah raga ringan. Hal ini untuk menjaga tubuh kamu agar tetap semangat dan segar meskipun berpuasa. Olah raga ringan ini akan membantu dalam pembakaran kalori dan lemak. Namun kamu jangan berlebihan dalam melakukan olah raga, karena dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi. Olah raga yang bisa kamu lakukan diantaranya yaitu jalan-jalan joging dan lain sebagainya.

Hindari junk food, minuman bersoda atau kafein

Aturan berikutnya yaitu kamu diwajibkan untuk menhindari makanan junk food, minuman bersoda, dan kafein. Hal ini dikarenakan ketiganya selain tidak baik untuk kesehatan juga dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh hingga menyebabkan kenaikan berat badan secara derastis.
5 Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Ramadan

Berbuka secukupnya

Banyak dari kita yang balas dendam saat berbuka puasa. Karena tidak boleh makan dan minum selama seharian, jadi saat buka puasa semua makanan di lahab, akibatnya kekenyangan. Nah hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab berat badan naik saat Ramadhan. Baiknya kamu berbuka puasa secukupnya saja, jangan berlebihan, karena berlebihan itu tidak baik.

Jangan makan berat sebelum tidur

Kesalahan berikutnya yang membuat orang menjadi gemuk atau berat badan naik derastis dikarenakan makan berat sebelum tidur. Tidak hanya bulan Ramadhan saja, dibulan-bulan yang lain, kebiasaan ini juga akan membuat berat badan naik derastis. Untuk itu anda wajib menghindari makan berat sebelum tidur.

Demikianlah informasi tentang Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Derastis Saat Bulan Ramadhan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "5 Tips agar Berat Badan Tidak Naik Drastis Saat Ramadan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel