Manfaat Khasiat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Bangle memiliki nama latin (Zingiber Cassumunar Roxb) dan memiliki bentuk seolah-olah dengan jahe, tanaman ini dikenal diberbagai kawasan dengan nama yang berbeda - beda, misalnya: Mungle (Aceh), bungle (Tapanuli), kunik bolai (Tanah Minang), panglai (sunda), pandhiyang (Madura), bale (Makassar), panini (Bugis), unin makei (Ambon).

manfaat  khasiat bangle

Bangle memiliki banyak kandungan, diantaranya: minyak atsiri (sineol, pinen), pati, dan tanin, sesquiferpin, damar lunak, lemak, gom, dula, mineral, albuminoida, dan asam organik.

Berikut ini yakni manfaat khasiat bangle untuk mengatasi beberapa penyakit, serta cara mengolahnya:

Lemah Jantung
Dengan 1 rimpang bengle, kemudian parut dan seduh dengan 1 gelas air panas, lalu diperas dan disaring. Minum air perasan tersebut sekaligus dan lakukan secara teratur setiap sore hari.

Ganngguan Syaraf
Ambil 2 rimpang bengle sebesar ibu jari, lalu basuh hingga bersih, kemudian diparut dan seduh dengan 1 gelas air panas, setelah itu saring dan peras untuk diambil airnya. Minum air perasan tersebut sekaligus dan dilakukan secara teratur setiap pagi dan sore.

Reumatik
Siapkan bengle, lempuyang dan cabai secukupnya, lalu ketiga materi tersebut ditumbuk hingga halus secara bersamaan dan tambahkan sedikit air. Setellah itu balurkan hasil olahan tersebut pada episode badan yang reumatik setiap malam sebelum tidur.

Mengobati Asma
Ambil bangle secukupnya, lalu rebus dengan air hingga mendidih selama kurang lebih 1/2 jam, setelah cuek saring dan minum airnya sebanyak 1 gelas, lakukan 2 kali sehari pagi dan sore.

Mengobati Kepala Pusing
Ambil 2 jari bangle, kemudian basuh dan parut, setelah itu gosokkan hasil paruttan tersebut pada tengkuk dan pelipis sebanyak 1 kali dalam sehari.

Mengobati Masuk Angin
Ambil 1 jari bangle, 1 jari lempuyang, 1 jari jahe, dan 2 jari kencur, basuh semua materi tersebut hingga bersih lalu parut. Kemudian seduh dengan 2 gelas air panas, aduk dan saring untuk diambil airnya. Minum air tersebut 2 kali sehari masing-masing sebanyak 1 gelas.

Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan
Ambil 3 rimpang bangle lalu dicuci hingga bersih, kemudian diparut dan gunakan hasil parutan tersebut untuk dibalurkan pada episode perut. Lakukan 2 kali dalam sehari hingga menerima hasil yang sempurna.

                                                           ===============

Di Pulau Jawa bangle biasa digunakan untuk tolak bala atau sebagai penangkal energi jahat untuk bayi yang gres lahir atau ibu yang sedang mengandung, rimpang bangle biasanya digantung pada baju yang dikenakan oleh bayi yang gres dilahirkan dan juga ibu hamil. Tetapi bila saya langsung tidak begitu percaya akan hal tersebut, saya hanya percaya bahwa bangle yakni sebagai obat tradisional, sebab yang saya kethui bangle memiliki banyak manfaat khasiat untuk kesehatan badan manusia.

0 Response to "Manfaat Khasiat Bangle Untuk Kesehatan Tubuh Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel