Berjuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Anda suka yang manis-manis? Banyak manfaat dan menyehatkan untuk kesehatan badan kita?
Ya !! itu beliau , madu. Madu merupakan cairan yang kental yang dihasilkan oleh lebah. Sangat banyak manfaat madu untuk kehidupan kita , untuk kecantikan buat para wanita yang menginginkan kecantikan secara alami , Dan masih banyak lagi khasiat yang diberikan oleh madu. Anda penasaran?
Ingin tahu apa saja manfaatnya? mari baca berita selengkapnya disini.
Cekidot !!!!!!

Madu yaitu cairan yang mirip sirup , madu lebih kental dan berasa manis , dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain , jikalau nektar sudah halus ditempatkan pada sel , jikalau sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi.

Beberapa manfaat Madu untuk kesehatan , diantaranya :

Berjuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan
1. Obat luka dan borok.

Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang sempurna , oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida , zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melaksanakan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu , oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5 ,5-8 ,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3 ,2 dan 4 ,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan badan (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memperlihatkan kondisi yang sempurna untuk pembentukan hidrogen peroksida.

2. Merangsang pertumbuhan jaringan

Propolis , enzim , dan serbuk sari , vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar , madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

3. Menghaluskan kulit

Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi , mengurangi keriput dan garis penuaan , menyeimbangkan minyak , dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Nilai Gizi Madu per 100 g

Energi 304 kcal
Karbohidrat 82.4 g
Gula         82.12 g
Serat 0.2 g
Lemak 0 g
Protein 0.3 g
Air         17.10 g
Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0.121 mg (1%)
Asam Pantotenat (Vit. B5)0.068 mg (1%)
Vitamin B6 0.024 mg (2%)
Folat (Vit. B9) 2 mg (1%)
Vitamin C         0.5 mg (1%)
Kalsium 6 mg (1%)
Besi         0.42 mg (3%)
Magnesium 2 mg (1%)
Fosfor 4 mg (1%)
Potasium         52 mg (1%)
Sodium 4 mg (0%)
Zinc         0.22 mg (2%)

Sumber: USDA Nutrient database

5. Antioksidan kuat

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga badan dari serangan radikal bebas. Bahkan , antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat badan Anda lebih sehat , terhindar dari penyakit dan terlihat lebih infinit muda.

6. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah

Meskipun lebih manis dari gula , madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam ajaran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.

Madu yaitu alternatif perhiasan yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menerka madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

7. Meringankan penyakit pernafasan

Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis , bronkitis asma , rinitis kronis , alergi dan sinusitis. Madu yaitu obat yang efektif untuk pilek , flu , dan abses pernapasan.

Selain ketujuh manfaat di atas , madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral (lihat tabel). Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya , gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan sama sekali. Kaprikornus , mengganti gula dengan madu sebagai perhiasan memiliki banyak keuntungan.

8. Mencerahkan rambut

Ambil satu sendok teh madu dan campur ke dalam satu liter air hangat. Siram pada rambut yang telah dicuci dengan sampo. Tidak perlu dibilas untuk menerima rambut yang cerah dan berkilau.

9. Pencuci muka

Ada cara yang lebih alami daripada sabun untuk membersihkan muka , yaitu dengan menggunakan madu. Gunakan madu sebagai pencuci muka dan bilas hingga bersih.

10. Melawan parasit

Minuman yang terbuat dari madu , cuka , dan air yaitu obat yang paling ampuh untuk mengatasi persoalan perut ketika bepergian. Sebab ketiga campuran materi tersebut merupakan pelawan parasit.

11. Menyingkirkan jerawat

Oleskan madu pada jerawat dan biarkan selama setengah jam. Setelah itu , bilas hingga bersih. Ulangi langkah yang sama untuk menyingkirkan jerawat secara alami.

12. Mandi

Jika biasanya ada garam mandi dan minyak yang digunakan untuk mandi berendam , ganti materi tersebut dengan madu dan minyak zaitun. Fungsinya yaitu menghaluskan dan membuat aroma kulit semakin segar.

13. Meredakan cemas

Entah dicampur di dalam teh atau diminum secara eksklusif , madu cukup dikenal ampuh meredakan rasa cemas. Madu juga bisa dikonsumsi setelah dicampur bersama jahe dan air lemon.

14. Lip balm

Punya bibir kering? Coba campur madu , minyak zaitun , dan cocoa butter untuk menciptakan lip balm alami yang ampuh mengatasi bibir kering.

15. Melawan insomnia

Sulit tidur tentu bisa memperburuk kesehatan tubuh. Namun insomnia ternyata juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu. Sebab madu sifatnya bisa menurunkan stres dan membuat badan menjadi lebih rileks.

16. Mengobati radang tenggorokan

Dalam banyak sekali penelitian klinis , madu telah terbukti efektif dalam mengobati radang tenggorokan dan batuk. Madu pun bisa dikonsumsi secara eksklusif atau dicampur dengan air lemon untuk menerima khasiat sehat lainnya.

Ciri Ciri Madu Yang Masih Asli dan Murni :

1. Tidak ada endapan (buih) pada botol

Perhatikan episode dasar botol penyimpanan , madu asli tidak memiliki endapan atau buih yang berwarna putih pada episode dasar botol penyimpanan madu. Jika ada buih pada botol madu maka madu tersebut sudah terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan telah mengalami proses fermentasi.

2. Tetesan madu tidak terputus

Celupkan benda ke dalam botol madu kemudian angkat benda tersebut. Madu murni akan menetes tanpa terputus dan jikalau tetesan madu terputus-putus , itulah tanda madu palsu.

3. Tidak tembus kertas

Ciri khas madu asli yaitu kental dan memiliki kandungan air sedikit. Teteskan sedikit di atas kertas tipis , jikalau madu tersebut masih murni maka tidak akan menembus kertas.

4. Jika dipanasi menggelembung

Madu yang asli akan menghasilkan gelembung-gelembung udara jikalau dipanasi. Berbeda dengan gula yang akan menghasilkan buih mirip air mendidih.

5. Tidak mengering

Oleskan sedikit di telapak tangan kemudian jemur sebentar di bawah terik matahari. Madu yang masih murni tidak akan mengering sedangkan madu palsu akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan.
Berbentuk sarang lebahTuangkan madu ke dalam piring berwarna bening kemudian tambahkan air secukupnya. Goyangkan piring tersebut hingga madu dan air tercampur , jikalau madu tersebut masih asli maka akan terbentuk sarang lebah.

6. Simpan beberapa sendok madu di dalam freezer kulkas.

Simpanlah sekitar `10-30 menit kemudian amati perubahannya. Apabila madu tadi membeku berarti madu tersebut palsu dan telah bercampur dengan zat-zat tertentu. Madu asli seyogyanya tidak akan dapat membeku ketika disimpan di dalam lemari es. Sehingga ketika kita menyimpan madu asli di dalam lemari es maka kita dapat meminumnya kapan saja.

Cara kedua yaitu dengan menyimpan beberapa tetes madu di dalam piring berisi air putih.Kemudian tunggu beberapa saat. Kalau air tersebut menjadi keruh maka kemungkinan madu tersebut palsu. Sebaliknya jikalau madu tersebut asli maka tidak akan menimbulkan ari tadi menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena madu asli tidak mengandung banyak air.Itulah 2 cara jitu membedakan madu asli dan madu palsu , semoga kita para penggemar madu tidak lagi tertipu dengan membeli madu palsu yang banyak sekali beredaran di pasaran.

NAh sudah tahu manfaatnya kan? Tuhan menciptakan segala sesuatu itu memang tidak pernah ada yang sia-sia , contohnya madu , dan masih banyak lagi manfaat madu yang lainnya.
Yuukk nikmati madu di pgi hari dengan seduhan teh hangat membuat pikiran menjadi lebih relaks. Insyaallah.

Semoga Bermanfaat_
Terimakasih.


0 Response to "Berjuta Manfaat Madu Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel