Cara Yang Benar Mengatasi Demam Pada Anak Dan Bayi

Menjaga Kesehatan sangat penting. Banyaknya fakta atau mitos wacana kesehatan tentunya membuat kau selalu ingin mengetahui kebenaran dari isu yang beredar. Dilansir dari belajarkesehataan.blogspot.co.id |
bayi demam

Demam sendiri sebenarnya sebuah gejala. Dimana ketika demam menjadi mengambarkan bahwa tubuh si anak sedang melawan penyakit.
 Demam bisa dikatakan menjadi bukti sistem kekebalan tubuhnya yang bekerja dengan baik. Dimana baiknya sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk melawan serangan penyakit.

Ketika megalami hal ini , maka ada beberapa hal awal yang bisa dilakukan , sehingga tidak perlu landung tergesa-gesa ke dokter.

emam juga bisa menyerang anak kecil bila dia terlalu lama berada di bawah terik matahari panas. Anda  tidak perlu khawatir berlebihan bila anak masih terlihat aktif dan masih mau minum susu.

Adapun beberapa kondisi yang membuat orang tua perlu waspada ketika sang anak mengalami demam , dengan tanda-tanda mirip berikut:
  1. Anak terlihat sangat lesu , serta tidak ada semangat dikala dihibur atau diajak bermain
  2. Tidak nafsu makan
  3. Tidak responsif alasannya yaitu rasa sakit yang dialaminya
  4. Muncul ruam
  5. Anak uring-uringan dikala tidur
  6. Pernapasannya terganggu
  7. Terlihat tanda-tanda dehidrasi pada anak , mirip verbal kering , tidak ada air mata dikala menangis , dll
  8. Tubuh anak mengalami kejang

engobatan demam pada anak
Jika anak mengalami demam , maka motivasi anak untuk lebih banyak minum air. Oang tua bisa menyuruh anak minum air sedikit demi sedikit.

Hal itu alasannya yaitu kondisi demam membuat anak kehilangan cairan , yang beresiko anak mengalami dehidrasi. Hindari minuman yang mengandung kafein dan minuman kaleng / bersoda.

Obat-obatan penurun demam mirip parasetamol dan ibuprofen bisa diberikan kepada anak. Untuk  melakukannya , penting untuk selalu ikuti petunjuk dan aturan yang benar.

Perlu diketahui , umur , tinggi dan berat badan anak akan menentukan dosis. Dengan menunjukkan obat pada anak dibutuhkan dapat membuat anak merasa lebih nyaman dan tenang.

#Mandi dengan air hangat
Anda bisa nemandikan anak dengan air hangat atau ruam-ruam kuku , yang bermanfaat untuk membantu meredakan demam anak.

Jika anak tidak mau mandi (karena sakit dideritanya) maka Anda bisa mengelap tubuh anak dengan handuk atau washlap basah yang hangat.
loading...

#Pijat dengan PepperMint Oil
Anda bisa memijat memakai PepperMint Oil pada dada , punggung dan bagian tubuh lainnya guna meredakan demam pada anak.

Nantinya , mentol yang ada di dalam PepperMint Oil berfungsi untuk melancarkan hidung yang tersumbat.

Orang tua bisa memijat bagian dada dan punggung anak secara perlahan.

#Pastikan anak istirahat yang cukup
Ketika anak sakit atau demam harus banyak-banyak untuk tidur / istirahat , hal ini pentig biar suhu tubuh dapat reda menjadi normal.

Jika anak sakit akan tetapi dirinya terus aktif bergerak , maka hal ini kurang baik , alasannya yaitu akan membuat tubuhnya sangat lelah sehingga kemampuan sistem tubuh dalam melawan penyakit menurun.
Tetapi hal ini bukan berarti anak seharian berda di daerah tidur , yang dimaksudkan dari banyak istirahat yaitu porsi anak untuk tidur atau istirahat ditingkatkan dari biasanya (saat anak normal / tidak sakit.

# Motivsi anak biar banyak minum air putih
Kondisi  demam bisa memicu resiko terjadinya dehidrasi pada anak. Orang tua hendaknya jangan hingga lupa memmerikan minum air putih pada anak. Pastikan anak minum air putih yang cukup.

Selain itu , Ada bisa menunjukkan anak makanan berkuah kaldu , teh herbal / teh jahe , madu , dan jus buah (jambu , pepaya , strawberry , pear , dll).

#Berikan makanan yang agak pedas dan hangat
Kalau memang anak kuar untuk makan pedas , dan dirinya joga menyukainya. Maka orang tua bisa menunjukkan sedikit makanan pedas kesukaannya...
#Hendaknya orang tua membuat anak senyaman mungkin
Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Persatuan Dokter Anak Amerika , dari hasil studi menyarankan biar orangtua berkonsentrasi untuk membuat anak merasa nyaman ketika demam dibandingkan sibuk memikirkan menurunkan suhu demam anak.

Karena penyebab demam bisa beragam , bila orang tua hanya berfokus menurunkan suhu demam , maka tidak menunjukkan hasi optimal untuk kesembuhan anak. 


#Berikan obat penurun demam
Memberikan obat penurun demam pada anak tentunya sesuai dengan usianya , umumnya yang digunakan yaitu parasetamol.

Parasetamol merupakan obat penurun demam yang dinilai memiliki efek samping yang rendah , sehingga penggunaan parasetamol dapat diterapkan pada bayi sekalipun.

Tetapi sangat penting untuk membaca petunjuk dokter biar menghindari hal yang tidak diinginkan mirip resiko gangguan fungsi hati (yang paling sering terjadi).

Sangat berbahaya bila menunjukkan dosis yang tidak sempurna (dosis terlalu tinggi).

0 Response to "Cara Yang Benar Mengatasi Demam Pada Anak Dan Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel