Dampak Negatif Teknologi Bagi Moralitas Anak Dan Peran Orang Tua Dalam Menyikapinya

Menjaga Kesehatan sangat penting. Banyaknya fakta atau mitos perihal kesehatan tentunya membuat kau selalu ingin mengetahui kebenaran dari informasi yang beredar. Dilansir dari belajarkesehataan.blogspot.co.id |
Dampak Negatif Teknologi bagi Moralitas Anak dan Peran Orang tua dalam menyikapinya.
Dewasa ini seringkali kita tidak menyadari betapa pentingnya perhatian khusus orang tua bagi anak kita , bahkan sering membiarkan anak menggunakan handphone , komputer , PS dan lain sebagainya berjam-jam tanpa memperhatikan dampak negatifnya terutama bagi moralitas atau psikologisnya di kemudian hari.



Menyikapi hal tersebut diharapkan tugas orang tua yaitu  :
1. Orang tua harus menanam nilai-nilai agama dan kedisiplinan kepada anak

2. Orang tua harus keras tapi juga penuh kasih sayang kepada anak artinya kedua hal tersebut seimbang

3. Orang tua harus lebih ekstra memperhatikan atau mengawasi anak-anaknya terutama perihal teknologi

4. Orang tua juga harus mendengar keluhan serta memberi solusi yang sempurna kepada anak artinya masuk logika dan sempurna sasaran

5. Orang tua juga harus meluangkan waktunya untuk anak diwaktu senggang misalnya mengajak anak refresing atau liburan sambil menunjukkan edukasi supaya anak tidak merasa jenuh

6. Orang tua juga harus membatasi anak menggunakan teknologi artinya begini anak boleh mengunakan handphone atau laptop dan sebagainya tapi orang tua harus selalu mengingatkan anaknya untuk belajar dan memberi pengarahan supaya anak tahu bahwa kewajibannya sebagai pelajar sehingga setiap PR(Pekerjaan Rumah) yang diberikan oleh gurunya disekolah dikerjakannya serta mengingat kembali apa yang sudah diajarkan disekolah

7. Orang tua juga perlu menanamkan nilai-nilai sosial dan cara pergaulan yang baik kepada anak dengan teman-teman dan lingkungan sekitarnya


      1.       Anak menjadi malas

Artinya anak mengabaikan kebutuhan akan pendidikan yang sebenarnya hal yang sangat perlu ditanamkan semenjak dini.

Orang tua buktikan sendiri anak cenderung jadi sulit belajar , kurang peka terhadap lingkungan sekitar alasannya yakni didalam pikiran anak tersebut yakni game dan game. 

Dampak buruk tersebut biasa kita sebut dengan kecanduan atau ketagihan , hal tersebut juga mampu berdampak kepada nilai simpulan (raport) anak tesebut.

      2.       Anak menjadi manja
Dalam hal ini anak merasa fasilitas-fasilitas di rumahnya banyak sehingga menimbulkan dia menjadi manja.

Terlalu memanjakan anak juga tidak boleh dilakukan artinya orang tua sering mengikuti kemauan anaknya , misalnya seorang anak minta dibelikan laptop atau komputer sebelum waktunya.

Hanya alasannya yakni anak tersebut menangis lalu dibelikan oleh kita laptop atau komputer tersebut , moral anak jadi berubah alasannya yakni dia menggangap orang tuanya selalu memenuhi kemauannya dengan alasan yang mudah.

   3.    Anak cenderung keras dan memberontak dengan orang tua

Artinya anak berani melawan orang tua ketika orang tua menyarankan atau mengajarkan dan memerintahkan untuk melaksanakan sesuatu yang memang harus dilakukan. 

contoh kecil :
Anak disuruh mandi atau makan pada ketika waktunya. Kemudian jawab anak nanti dan nanti.

lalu orang tua mengabaikan hal tersebut dan dianggap biasa dan biasa pada hasilnya anak cenderung tidak mampu menghormati orang tua atau orang-orang sekitarnya.

karena kesibukkan dan keasikkan bermain gadget anak menjadi marah dan memberontak kepada orang tuanya , anak menilai bahwa bermain gadget lebih penting dari perintah dan nasehat orang tua.

  4.  Anak susah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar
Anak menjadi susah menyesuaikan diri alasannya yakni anak keasikan bermain handphone dan menggagap dia tidak perlu sahabat bermain pada ketika itu.

karena anak tersebut senang sendirian maka lama-kelamaan anak tersebut cenderung susah menyesuaikan diri alasannya yakni sikap egois yang menguasainya.

serta cenderung dijauhi teman-temannya sehingga anak tersebut sulit memahami perilaku atau sifat-sifat orang yang ada dilingkungan sekitar.

   5.   Anak jadi lebih tahu perihal orang remaja sebelum waktunya

Kurangnya pengawasan dari orang tua , mirip kita ketahui sekarang ini internet meyajikan hal-hal berkonten remaja yang tidak pantas dilihat anak yang menimbulkan moral anak menjadi rusak dan dapat melaksanakan hal-hal yang tidak diinginkan.

0 Response to "Dampak Negatif Teknologi Bagi Moralitas Anak Dan Peran Orang Tua Dalam Menyikapinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel