MENU INI WAJIB Dihindari Saat SAHUR

Assalmualaikum.... Selamat malam? Apakabar anda semua malam ini? Semoga di bulan Ramadhan kali ini kita selalu dalam keberkahan , , aamiin. :) :)

Kali ini kita akan ngebahas wacana menu makan sahur yang sering kita konsumsi setiap kali sahur ataupun berbuka , padahal nih kita harus hati-hati memilih menu ketika berbuka ataupun bersahur , karena kalau kita nih biasanya saking kelaparannya jadi pake program balas dendam , semua di makan , alih-alih malah bakal mengganggu kesehatan kita. 

Naaahhhhh , Coba deh mumpung puasanya masih ada 2 ahad lagi nih , yuk kita cari tau menu-menu apa aje nih yang boleh dikonsumsi dan mana yang harus dihindari , Simakinnn nyoooooookkk!. CeKiDot!


Begini nich , menu makan sehat ketika sahur yang harus dikonsumsi ketika sahur , ane sebutin yak , yang pertame:

MENU INI WAJIB Dihindari Saat SAHUR
1. Makanan kaya karbohidrat kompleks
Makanan yang baik dikonsumsi ketika sahur ialah makanan yang mampu tahan lama dan tidak mudah membuat Anda lapar. Makanan yang banyak direkomendasikan menjadi makanan yang tahan lama ialah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Seperti nasi merah , roti gandum , oatmeal , biji-bijian , buah dan sayur. Seperti yang telah diketahui , karbohidrat ialah sumber energi untuk badan dan otak untuk melaksanakan acara fisik maupun mental. Kekurangan karbohidrat mampu menyebabkan badan mudah lelah , tidak bersemangat , lesu bahkan menyebabkan penyakit.

2. Minum Air Putih Saat Sahur
Supaya kondisi badan tidak cepat dehidrasi ketika berpuasa , maka di ketika sahur anda harus makan dan minum yang mengandung unsur air. Contohnya ialah makan sayur sup , makan buah-buahan dengan kandungan air yang banyak dan juga sayuran. Jangan lupa juga minum air putih yang banyak , jangan air teh manis ya. Kenapa tidak boleh minum teh manis ketika sahur ? teh dan gula memang mampu dengan cepat menunjukkan energi , namun energi tersebut tidak mampu berlangsung lama. Akibatnya badan akan dengan cepat menjadi lemas. Namun jikalau kita minum air putih , lebih menyehatkan dari pada teh manis maupun kopi.

3. Makan Kurma Saat Sahur
Makan kurma ketika berbuka puasa merupakan sunnah jikalau kita melaksanakannya. Fakta wacana buah kurma kalau kita tahu pasti akan tercengang dibuatnya. Pasalnya buah kurma ini mepunyai beragam jenis dan manfaatnya.

4. Makan Buah Saat Sahur
Buah yang sebaiknya dikonsumsi ketika sahur ialah buah dengan kandungan air yang melimpah. Contoh buah yang rupawan dimakan ketika sahur ialah buah melon , buah pir dan juga buah jeruk juga. Makanlah buah ini sesaat sebelum makan sahur , kurang lebih sekitar 15 menit sebelum makan nasi ketika sahur. Buah-buah ini kaya dengan vitamin dan juga mineral sehingga buah ini dapat mengubah cadangan makanan untuk kemudian dijadikan sumber energi dan juga mampu untuk membantu dalam proses meningkatkan metabolisme pada tubuh.

5. Makanan yang mengandung cairan
Cairan sangat diharapkan oleh badan kita selama menjalankan ibadah puasa. Cairan mampu Anda peroleh tidak hanya dari minum air putih , tetapi mampu juga dari makanan yang berkuah. Karena waktu sahur yang sangat pagi , banyak keluarga yang memilih untuk menyantap menu praktis ibarat lauk kering dan tumis sayuran. Padahal , cairan diharapkan oleh badan dan itu tidak mampu didapatkan selama menjalankan puasa. Karena itu asupannya harus didapatkan ketika sahur. Sayur berkuah , air mineral dan segelas jus mampu menjadi sumber cairan bagi tubuh. Anda mampu meminum 1 gelas penuh air putih ketika berdiri tidur akan sahur , 1 gelas setelah makan dan 1 gelas menjelang imsak.

6. Air Lemon
Menurut buku Erikar Lebang dalam bukunya "Food Combiing di Bulan Ramadhan" , air lemon yang ditambahkan pada air hangat akan sangat baik bagi tubuh. Air lemon memiliki fungsi membersihkan liver serta meningkatkan kadar 02 dan Kalsium. Sehingga membuat badan akan terasa lebih bertenaga.

Berikut ialah beberapa makanan dan minuman tersebut yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi ketika malam hari:

1. Cokelat
Efek manis dan lemak yang tinggi pada cokelat dapat melemaskan katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan. Kandungan theobromine pada cokelat efeknya sama dengan kafein , yakni menunjukkan efek rileks pada tubuh. Sehingga membuat katup penghubung meregang dan kemungkinan terjadi refluks mampu terjadi.

2. Kacang
Kacang memiliki kandungan lemak , baik lemak jenuh ataupun tidak jenuh. Walaupun lemak dalam kacang umumnya menyehatkan , namun menurut peneliti sebaiknya ketika malam hari hindari makan kacang. Kacang mete , dan kacang kenari ialah yang terburuk. Untuk kacang almond , dampaknya lebih kecil karena tidak mengandung banyak lemak.

3. Keju
Keju juga makanan yang memiliki cukup tinggi kandungan lemak , varian keju parmesan dan Swiss merupakan yang tidak efektif bila dikonsumsi malam hari , karena akan meningkatkan terjadinya refluks. Untuk varian keju lembut lainnya ibarat keju mozarela , masih aman untuk dikonsumsi ketika malam hari.

Alkohol dapat melemaskan katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan. Saat sistem pencernaan bekerja ketika tidur , asam lambung akan mengalir dengan mudah karena katup penghubung tidak berfungsi maksimal. Dan mampu terjadi refluks.

5. Soda
Soda sebetulnya lebih asam daripada apa pun yang ditemukan di alam. Asam tersebut menyebabkan kerusakan yang sama , ibarat halnya alkohol. Ditambah lagi dengan karbonasi yang meningkatkan tekanan perut. Akan mengakibatkan ketidak nyamanan ketika malam hari.

6. Citrus
Segelas jus jeruk atau apel hijau merupakan yang terburuk , karena memiliki tingkat keasaman tinggi dalam lambung. Tetapi beberapa orang mampu makan apel merah tanpa masalah. Dan ini tergantung pada orang yang bersangkutan.

7. Kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi yang sifatnya asam , akan menghasilkan asam lambung tambahan. Jika anda ingin minum kopi , pilihlah kopi yang kadar kafeinnya rendah.

8. Makanan sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Misalnya kudapan manis tart , coklat , dan keju.

9. Makanan yang secara pribadi merusak dinding lambung , yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas , serta merica dan bumbu yang merangsang.

10. Mengandung Banyak Gula
Gula memang diharapkan oleh badan karena merupakan sumber energi. Namun memakan makanan yang banyak mengandung gula bukan membuat badan kita banyak memiliki energi bahkan sebaliknya. Anda pasti bertanya kenapa mampu demikian , hal ini disebabkan energi yang dihasilkan gula bersifat instan dan cepat namun energi tersebut juga cepat hilang. 

Saat anda mengkonsumsi makanan jenis ini , anda akan memiliki energi yang besar namun efeknya akan muncul dalam waktu yang cepat sehingga energi yang anda miliki terkuras sebelum waktu berbuka. Hindari makanan ataupun minuman mengandung gula berlebih ibarat minuman berenergi , sereal banyak gula , permen dan lainnya. Makan permen. Khususnya permen karet serta merokok karena memicu keluarnya asam tinggi.

Nah itu tuh.... Jenis-jenis makanan yang dibolehin dan dilarang dikonsumsi ketika berpuasa , Pasti kite sering banget kan mengkonsumsi makanan itu selama ini tanpa kita sadari ternyata itu berbahaya , Kaprikornus Mulai sekarang jangan dilakuin lagi ya bu......... pak........... !!!. :D

Okay dah , nyampe disini dulu yeee.. Besok ane sambung lagi dengan isu menarik lainnya. Simakin terus & jangan bosen ya baca blog ane , Thanks buat yang setia mantengin blog nya. thanks so much. 

0 Response to "MENU INI WAJIB Dihindari Saat SAHUR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel