Penyebab dan Obat Sakit Telinga

Penyebab dan Obat Sakit Telinga - Sakit telinga sering kali terjadi pada kita semua dengan gambaran keluhan nyeri yang bervariasi , dapat berupa rasa sakit yang tajam , rasa panas pada indera pendengaran , atau nyeri seakan-akan indera pendengaran terasa penuh. Rasa sakit pada indera pendengaran pun terkadang datang dan terkadang juga menghilang , serta dapat mengenai satu indera pendengaran saja atau kedua-duanya. Melalui goresan pena ini mari kita tolong-menolong mempelajari wacana kemungkinan penyebabnya dan sedikit mengetahui tips untuk mengatasi atau mengobati sakit telinga.
Penyebab Sakit Telinga
Penyebab dan Obat Sakit Telinga

Penyebab Sakit Telinga.

Secara umum berikut merupakan banyak sekali penyebab sakit indera pendengaran , antara lain:

  • Glue ear atau penumpukan cairan dalam telinga

Glue ear merupakan penumpukan cairan dalam indera pendengaran , cairan yang menumpuk menekan bagian-bagian indera pendengaran dalam yang sensitif sehingga menyebabkan rasa sakit dan juga menyebabkan gangguan pendengaran.  Glue ear ini lebih sering menimpa pada bawah umur dibandingkan orang dewasa. Dokter akan mendiagnosis penyebab sakit indera pendengaran ini berdasarkan gejala dan riwayat anak. Kondisi ini sering sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan.

  • Infeksi/peradangan pada susukan indera pendengaran adegan luar.

Infeksi indera pendengaran ini dapat mengenai orang cukup umur maupun bawah umur , yaitu berupa infeksi indera pendengaran adegan luar yang menghipnotis susukan telinga. Tahukan Anda , kalau seluruh susukan telinga/tabung yang mengarah ke indera pendengaran mampu mengalami peradangan dan terasa sakit , terkadang dapat terlihat liang indera pendengaran yang mengalami benjol sehingga seakan-akan indera pendengaran keadaan tertutup.

  • Bisul atau folikel rambut yang terinfeksi , pada liang telinga.

Seperti bisul pada umumnya , bisul di indera pendengaran juga dapat pecah , mengeluarkan cairan berupa nanah dan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari , tetapi kalau Anda merasa sangat tidak nyaman , maka sebaiknya berobatlah ke dokter. Dokter mungkin dapat mengeluarkan nanah hingga bersih menggunakan banyak sekali peralatan medis yang tersedia.Banyak infeksi indera pendengaran yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan , tetapi pada beberapa kasus dibutuhkan penggunaan antibiotik atau obat tetes indera pendengaran yang tentunya membutuhkan resep dokter.

  • Cedera atau iritasi liang indera pendengaran yang disebabkan benda-benda yang masuk ke dalam telinga.

Sakit indera pendengaran dapat diakibatkan oleh cedera pada adegan dalam liang indera pendengaran , misalnya karena ukiran cotton bud waktu membersihkan kotoran indera pendengaran yang dilakukan secara berlebihan , atau ketika memakai cotton bud terdorong sehingga hingga menusuk ke dalam indera pendengaran , berbahayanya apabila hingga menyebabkan gendang indera pendengaran mengalami pecah atau bocor. Perlu Anda tahu bahwa liang indera pendengaran sangatlah sensitif dan dapat dengan mudah mengalami iritasi. Kaprikornus berhati-hatilah ketika menggunakan cotton bud , jangan hingga terlalu semangat sehingga hingga menimbulkan iritasi.

  • Sumbatan pada liang indera pendengaran akhir penumpukan kotoran atau benda absurd lainnya yang terjebak.

Sering kali sakit indera pendengaran yang menyerupai ini dialami oleh seseorang setelah melaksanakan aktifitas berenang , atau telinganya kemasukan air. Hal ini mungkin terjadi akhir kotoran yang menumpuk di dalam indera pendengaran ketika terkena air mengembang dan menekan jaringan liang indera pendengaran yang sensitif sehingga menimbulkan sakit.Jika sakit indera pendengaran yang Anda alami disebabkan karena kotoran indera pendengaran yang menumpuk dan keras , jangan coba-coba untuk menghilangkannya menggunakan cotton bud , karena hal ini justru akan mendorong kotoran masuk lebih jauh ke dalam dan dapat merusak gendang telinga.

Untuk menghilangkan kotoran indera pendengaran ini , dokter mungkin merekomendasikan obat tetes indera pendengaran untuk melunakkan terlebih dahulu sehingga dapat keluar secara alami. Namun pada beberapa kasus , dokter mungkin akan melaksanakan tindakan membuang kotoran dengan cara pembilasan indera pendengaran atau menyongkelnya dengan menggunakan alat khusus.

  • Infeksi tenggorokan dan pilek yang menghipnotis organ telinga.

Jika indera pendengaran Anda sakit dan pada ketika yang bersamaan Anda juga mengalami sakit tenggorokan , terutama pada ketika menelan , mungkin sakit indera pendengaran Anda itu merupakan gejala dari infeksi tenggorokan , menyerupai amandel , quinsy /abses di adegan belakang tenggorokan.

Beberapa jenis radang amandel dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari tanpa perlu menggunakan antibiotik. Tapi untuk quincy , Anda perlu memeriksakan diri ke dokter sesegera mungkin untuk menanganinya. Seseorang mungkin mengalami quinsy dengan keluhan sakit tenggorokan semakin memburuk dengan sangat cepat.

  • Eksim yang terjadi pada kulit liang indera pendengaran atau dermatitis seboroik.
  • Nyeri rahang atau nyeri sendi temperomandibular.
  • Sakit gigi graham paling belakang yang terletak di erat telinga.
  • Trigeminal neuralgia atau nyeri pada saraf wajah.

Penyebab Sakit Telinga Lainnya Yang Jarang.


  • Abses gusi.

Abses gusi ialah Adanya sekumpulan nanah yang terbentuk dalam gigi atau gusi yang diakibatkan infeksi bakteri. Kondisi ini mampu menyebabkan sakit indera pendengaran , meskipun gejala utamanya ialah nyeri gigi yang terasa sakit berdenyut-denyut.

  • Nyeri saraf wajah.

Mungkin saja nyeri indera pendengaran yang Anda alami sekarang ini termasuk neuralgia trigeminal yang terjadi secara mendadak , disertai rasa nyeri yang parah pada wajah. Kondisi ini umumnya disebabkan tekanan pada saraf utama di dalam tengkorak. Pada neuralgia trigeminal , rasa sakit dapat dirasakan di rahang , pipi atau mata yang dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit.

  • Eksim pada liang telinga.

Jenis eksim dermatitis seboroik juga dapat menyebabkan sakit telinga. Karena eksim ini menghipnotis setiap area kulit yang secara alami berminyak salah satunya ialah indera pendengaran , di samping itu ia juga akan menyebabkan kulit iritasi , memerah , meradang , dan bersisik. Untuk mengatasinya , dokter biasanya meresepkan obat tetes indera pendengaran yang mengandung kortikosteroid.
Obat Sakit Telinga Dan Cara Mengatasi Lainnya.

  • Untuk meringankan sakit mampu Anda gunakan obat penghilang rasa nyeri/analgetik yang dijual bebas menyerupai ibuprofen atau parasetamol atau aspirin.
  • Jangan mengkorek-korek indera pendengaran dengan apapun termasuk cotton bud ketika indera pendengaran Anda mengalami sakit.
  • Lindungi indera pendengaran jangan kemasukan air.
  • Untuk sakit indera pendengaran karena infeksi indera pendengaran adegan luar dapat menggunakan obat sakit indera pendengaran tetes yang mengandung antibitoik. Namun obat tetes ini jangan digunakan kalau gendang indera pendengaran bocor , sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter.

Dan segera berobat ke dokter , jika:

  • Sakit indera pendengaran disertai demam dengan suhu tinggi 38ยบ C atau lebih.
  • Sakit indera pendengaran yang diawali dengan batuk pilek.
  • Sakit indera pendengaran disertai dengan gejala lainnya menyerupai sakit kepala , pusing , atau pembengkakan di sekitar telinga.
  • Sakit indera pendengaran yang tidak kunjung membaik dalam waktu 24 – 48 jam.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai penyebab sakit telinga serta cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan kita , biar bermanfaat.

0 Response to "Penyebab dan Obat Sakit Telinga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel