Waspada !! Bahaya Penyakit Kutil Kelamin

Pergaulan bebas akhir-akhir ini makin marak dan merajalela terjadi dimana-mana. Apalagi didaerah-daerah metropolitan yang serba bebas. Banyaknya sampaumur yang sudah melaksanakan kekerabatan seksual diluar nikah , dan banyak lagi kejadian-kejadian menyimpang lainnya. Dan tahukah anda bahwa perilaku menyimpang tersebut dapat menyebabkan penyakit menular seksual? salah satunya yaitu penyakit kutil kelamin. Tahukah anda apa itu penyakit kutil kelamin? Bagaimanakah mampu terjadi penyakit kutil kelamin itu?
Apakah anda punya potensi untuk terjangkit penyakit itu??
PENASARAN ???
Baca informasi selengkapnya disini !
CEkidOt !!!!

kutil kelamin merupakan jenis STD (Sexually Transmitted Disease ) yang sukar untuk disembuhkan secara lazim. Tetapi bila memang tidak ada obat yang ampuh , setidaknya pertumbuhan kutil ini masih mampu dihapus meski hanya sementara. Penyakit kutil ini mampu juga dikenal sebagai jerawat , dan merupakan manifestasi dari virus human papillomavirus (HPV) yang terjadi pada kulit penderita. Sampai ketika ini penyakit kutil mungkin tidak berbahaya , tetapi terlihat kotor dan memalukan untuk penderitanya.

Beberapa wanita juga beresiko untuk membuatkan HPV dan menempatkan mereka pada risiko kanker serviks. Lokasi di mana kutil ini tumbuh tergantung pada titik kontak. Oleh karena itu maka sangat penting untuk mendeteksi dan mengobati penyakit ini dari awal. Kutil kelamin disebabkan oleh virus , yang tidak dapat benar-benar disembuhkan. Mereka hanya dapat dikurangi keberadaannya dan tetap berpotensi untuk muncul lagi.

Kutil Genitalis atau dengan nama lain Kondiloma Akuminata merupakan kutil di dalam atau di sekeliling vagina , penis atau dubur , yang ditularkan melalui kekerabatan seksual.

Kondiloma akuminatum ialah vegetasi oleh Human Papiloma Virus tipe tertentu , bertangkai , dan permukaannya berjonjot. Tipe HPV tertentu mempunyai potensi onkogenik yang tinggi , yaitu tipe 16 dan 18. tipe ini merupakan jenis virus yang paling sering dijumpai pada kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 lebih sering dijumpai pada kondiloma akuminatum dan neoplasia intraepitelial serviks derajat ringan.

Kutil genitalis sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena:

- Tidak enak dilihat ,

- Bisa terinfeksi bakteri

- Bisa merupakan petunjuk adanya gangguan sistem kekebalan

Penyebab penyakit ini ialah virus papilloma.Pada wanita , virus papiloma tipe 16 dan 18 , yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan mampu menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya mampu menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim (ditunjukkan dengan hasil Pap-smear yang abnormal) atau kanker pada vagina , vulva , dubur , penis ,mulut , tenggorokan atau kerongkongan.

- Beberapa ciri-ciri penyakit Kutil Kelamin:

Pada pria tumbuh pada episode biji , batang dan ujung penis
Pada wanita tumbuh pada episode bibir vagina , mampu tumbuh hingga ke liang vagina episode dalam , ini yang sering memicu timbulnya kanker serviks atau kanker lisan rahim
Beberapa kasus penyakit Kutil Kelamin tumbuh di lubang anus dan kerongkongan tanggapan bekerjasama seksual dengan penderita kutil kelamin melalui lubang anus (anal) dan oral seks dengan mulut
Bentuknya ibarat kembang kol dan tumbuhnya berkoloni , permukaannya agak kasar
Tumbuhnya mampu berpindah-pindah di sekitar alat vital
Terasa sedikit gatal
Warna koloni kutil kelamin merah kecoklatan atau merah pucat

Waspada !! Bahaya Penyakit Kutil Kelamin
Kutil genitalis paling sering tumbuh di permukaan badan yang hangat dan lembap. Pada pria , area yang sering terkena ialah ujung dan batang penis dan dibawah kulit depannya (jika tidak disunat). Pada wanita , kutil timbul di vulva , dinding vagina , leher rahim (serviks) dan kulit di sekeliling vagina. Kutil genitalis juga mampu terjadi di kawasan sekeliling anus dan rektum , terutama pada pria homoseksual dan wanita yang melaksanakan kekerabatan seksual melalui dubur.

Kutil biasanya muncul dalam waktu 1-6 bulan setelah terinfeksi , dimulai sebagai pembengkakan kecil yang lembut , berair , berwarna merah atau pink. Mereka tumbuh dengan cepat dan mampu memiliki tangkai. Pada suatu kawasan seringkali tumbuh beberapa kutil dan permukaannya yang berangasan menawarkan gambaran mirip bunga kol (blumkol).

Pada wanita hamil , pada gangguan sistem kekebalan (penderita AIDS atau pengobatan dengan obat yang menekan sistem kekebalan) dan pada orang yang kulitnya meradang , pertumbuhan kutil ini sangat cepat.

Kutil pada alat kelamin luar mampu diangkat melalui laser , krioterapi (pembekuan) atau pembedahan dengan bius lokal. Pengobatan kimiawi , mirip podofilum resin atau racun yang dimurnikan atau asam trikloroasetat , mampu dioleskan pribadi pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa ahad hingga beberapa bulan , mampu melukai kulit di sekelilingnya dan sering gatal.

Kutil di uretra mampu diobati dengan obat anti kanker mirip tiotepa atau florourasil. Pilihan lainnya ialah pengangkatan kutil dari uretra melalui pembedahan endoskopik. Kutil genitalis sering kambuh dan memerlukan pengobatan ulang. Pada pria yang belum disunat , kekambuhan mampu dicegah dengan menjalani penyunatan.

- Ada beberapa cara untuk menurunkan risiko terkena infeksi HPV (Human Papiloma Virus) :

• Setia pada Pasangan

Orang juga dapat menurunkan risiko terkena HPV dengan berkomitmen memiliki satu pasangan saja; membatasi jumlah pasangan seks , dan memilih pasangan yang tidak memiliki atau sedikit pasangan seks sebelumnya. Tetapi , bahkan orang dengan hanya satu pasangan seks seumur hidup pun mampu menerima HPV. Dan , hal itu tidak dapat menentukan bahwa pasangan yang sudah aktif secara seksual di masa lalu pada ketika ini terinfeksi. Karena cara pasti untuk mencegah HPV ialah menghindari semua acara seksual.

• Vaksin

Vaksin dapat melindungi pria dan wanita terhadap beberapa jenis virus HPV yang biasa menjadikan penyakit. Vaksin ini diberikan sebanyak tiga kali. Penting sekali untuk diingat bahwa untuk menerima pertolongan terbaik , seseorang harus menerima tiga dosis vaksin secara lengkap. Vaksin tersebut paling efektif bila diberikan sebelum seseorang melaksanakan kekerabatan seksual pertama.

• Kondom

Bagi mereka yang memiliki acara seksual rutin , kondom dapat digunakan untuk menurunkan risiko tertular HPV. Untuk menerima hasil yang efektif , kondom harus digunakan pada setiap bekerjasama seksual , dari awal hingga akhir. Kondom juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit lainnya yang berkaitan dengan HPV , mirip kutil pada kelamin dan kanker serviks. Akan tetapi , HPV dapat menginfeksi kawasan yang tidak diliputi oleh kondom , sehingga kondom mungkin tidak sepenuhnya melindungi terhadap HPV.

Nah itu ia sekilas informasi wacana penyakit kutil kelamin. Meskipun kondom  dapat mencegah penyakit tersebut menular , bukan berarti kita mampu bebas terhindar dari penyakit tersebut. Alangkah baiknya untuk menjaga kekerabatan seksual , dan lebih banyak mendekatkan diri kepada Tuhan biar terhindar dari pergaulan bebas yang sangat merugikan. Jika memang tidak mampu menahan maka lebih baik bersegeralah menikah dan itu insyaallah lebih berkah dan bermanfaat.

Semoga Bermanfaat.
Terimakasih Telah Berkunjung_
^_^


0 Response to "Waspada !! Bahaya Penyakit Kutil Kelamin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel