Manfaat Buah Ciplukan

Manfaat Buah Ciplukan

Tanaman ciplukan tumbuh tegak dengan tinggi tanaman antara sekitar 30 cm hingga 50 cm. Batangnya berwarna hijau persegi, dan bercabang. Daun berseling dan berlekuk, bertangkai 7-25 mm, dengan bentuk lingkaran telur memanjang dan ujungnya lancip. Ukuran panjang 3,5-10 cm dan lebar 2,5 cm. Pada permukaan daun episode atasa berwarna hijau,  dan permukaan bawah berwarna hijau muda dan berambut halus. Bunga buah keluar dari pangkal, buahnya berbentuk ibarat lampion atau lentera, jikalau sudah masak berwarna kuning, rasanya manis agak keasam-asaman.

Ciplukan ini memang mampu kita temui dimana saja diseluruh nusantara, namun Asal tanaman ciplukan ini bekerjsama dari kawasan tropis di Amerika latin. Bukanlah nama orang. Ini yaitu sejenis tanaman yang berguna obat. Selain daun, buah, batang dan akarnya pun punya daya menyembuhkan.

Memang buah ciplukan yang sudah matang rasanya asam manis dan enak, namun tak hanya itu saja alasannya yaitu daun, buah, batang dan akarnya berguna obat atau memiliki daya menyembuhkan.

Sayangnya masih banyak  orang yang belum mengerti akan khasiat obat dari tanaman ciplukan ini, atau memang tidak tertarik alasannya yaitu kurang yakin mungkin mampu saja. Karena tanaman ini mudah tumbuh, dan terkadang hanya dianggap gulma bagi tanaman petani. Kalau anda tertarik, cobalah untuk menggunakan tanaman ciplukan untuk banyak sekali pengobatan.

Penggunaan tanaman ciplukan untuk resep pengobatan penyakit:

1. Menyembuhkan Influenza dan Sakit Tenggorokan.
Ambil seluruh pohon ciplukan, termasuk akar dan dibersihkan, lalu dipotong-potong dengan ukuran 3-4 cm dan dijemur, lalu dibungkus kembali semoga tidak lembab lagi. Jika akan menggunakan sebagai obat, ambil kira-kira  9-15 gram dan direbus, kemudian air rebusannya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

Resep ini juga berlaku untuk mengobati beberapa penyakit,  seperti: batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang akses napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).

2. Mengobati Kencing manis (diabetes).
Cara meramunya sama dengan nomor satu. Hanya saja pada ketika merebus, dilakukan dengan 2 gelas air, dan hingga air tersisa menjadi 1 gelas. Setelah masbodoh disaring, minum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya mampu direbus sekali lagi, guna diminum pada sore harinya.

3. Mengobatai sakit paru-paru.
Sama dengan nomor satu. Saat merebus, gunakan 3-5 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring, minum airnya 3 kali sehari.

4. Mengobati penyakit Ayan.
Buah Ciplukan 10 butir dimakan setiap hari.

Selain untuk penyakit dalam, Ciplukan juga mampu digunakan sebagai obat luar.

Cara pemakaian:

1. Mengobati Bisul. Daun Ciplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci bersih lalu digiling halus. Turapkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari

2.Mengobati Borok. Daun Ciplukan sebanyak 1/2 genggam dicuci lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya, lalu diturapkan ke borok. Ganti 2 kali sehari.


Sumber: http://www.tipscaramanfaat.com/

0 Response to "Manfaat Buah Ciplukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel