Produksi ASI Sedikit? Lakukan Delapan Cara Ini Agar ASI Lancar

Menyusui termasuk satu proses yang tak ringan, alasannya yaitu seringkali muncul beberapa duduk perkara yang akibatnya membuat ibu stres dan putus asa, salah satunya : produksi ASI tidak lancar. Meski duduk perkara produksi ASI sedikit bisa diatasi dengan sedikit perjuangan, namun sayangnya ada sebagian ibu yang putus asa sampai tidak mau melanjutkan proses menyusui. Sayang sekali, bukan? Padahal bukan belakang layar lagi jikalau ASI merupakan makanan yang terbaik dan paling bisa dicerna oleh badan bayi. Tidak ada makanan atau minuman apapun di dunia ini yang bisa menandingi kehebatan ASI.
Saya sendiri pernah mengalami duduk perkara produksi ASI sedikit dikala menyusui bayi premature, Zahraa Nabiila. Sedih dan stress sempat saya rasakan, namun kondisi tersebut justru memperburuk kondisi, alasannya yaitu semakin stress maka produksi ASI makin sedikit. Akhirnya saya berusaha semangat lagi, dan berikut ini tujuh cara yang bisa dilakukan semoga ASI Lancar :

1.    Tenangkan hati dan pikirkan hal-hal yang membahagiakan

Stres dan duka dapat menghambat produksi ASI, sebaliknya ketika hati hening dan bahagia, maka produksi ASI akan berangsung membaik dan lancar.

2.    Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Ibu membutuhkan tenaga ekstra ketika merawat dan menyusui bayi, alasannya yaitu kurang gizi akan membuat badan ibu lemah dan tak bertenaga. Jika demikian, bagaimana ibu bisa mengenyangkan bayi Anda?

3.    Tingkatkan frekuensi menyusui

Semakin sering menyusui, maka produksi ASI akan semakin meningkat. Karena itu, pastikan ibu tidak malas menyusui yaa!

4.    Gunakan pompa ASI

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merangsang produksi ASI, yakni dengan memompa ASI. Ibu bisa menyimpan stock ASI dengan cara yang benar dan menawarkan kepada  Bayi ketika dibutuhkan.

5.    Jangan abaikan waktu menyusui

Disiplin terhadap jadwal menyusui anak dapat mencegah ASI tidak lancar. Karena itu pastikan jangan membiarkan anak tidur ketika waktu menyusu, alasannya yaitu membuat anak kekurangan ASI dan produksi ASI jadi menurun.

6.    Menyusui secara bergantian di kedua sisi

Agar produksi ASI lancar, pastikan Anda menyusui bayi secara bergantikan kedua sisi payud*ara. Menyusui hanya satu sisi membuat ukuran p*yud#ra Anda menjadi tidak simetris dan pastinya menghentikan produksi ASI.

7. Konsumsi makanan/minuman booster  ASI

Ada beberapa makanan atau minuman yang berguna melancarkan produksi ASI, diantaranya : habbatussauda, madu, kurma, daun katuk, daun pepaya, dan lainnya.

8.    Berdoa

Berdoa tetap harus dilakukan alasannya yaitu kita pasti tahu, siapa sich yang Maha memberi rizki untuk kita dan buah hati kita? Semoga dengan berdoa, maka ASI yang merupakan rezeki anak kita dilancarkan sampai waktu menyapih tiba.
Ketika usaha sudah dilakukan secara maksimal, namun hasilnya masih tetap sama, sebaiknya segera hubungi dokter alasannya yaitu bsia jadi ada factor lain yang menimbulkan ASI terhambat, misalnya : duduk perkara hormone, gangguan kesehatan ibu, dan lainnya. Semoga gosip yang berjudul Produksi ASI Sedikit? Lakukan Delapan Cara Ini Agar ASI Lancar datas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : asi keluar sedikit cara mengatasi asi yang sedikit solusi asi sedikit asi sedikit setelah melahirkan asi hanya keluar sedikit asi berkurang asi tidak keluar setelah melahirkan penyebab asi berkurang dan cara mengatasinya

0 Response to "Produksi ASI Sedikit? Lakukan Delapan Cara Ini Agar ASI Lancar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel