Takut Anak Makara Korban Bully? Bekali Anak Dengan 6 Hal Ini

cara mencegah bullying/www.ojokepo.com
Nah, kalau anda takut anak jadi korban bullying, pastikan bekali anak dengan 7 hal berikut ini :

1.    Didik anak sesuai kodratnya

Mendidik anak sesuai kodratnya harus dilakukan para orang renta semoga anaknya terhindar dari bullying, misalnya : kalau anak Anda laki-laki, maka ajarkan ia menjadi laki-laki sejati, misalnya dengan tidak terlalu memanjakannya, berikan kesempatan untuk menentukan pilihannya, latih kemandiriannya, didik untuk menjadi sosok yang pemberani dan bertanggung jawab. Begitupun kalau ia perempuan, maka ajarkanlah cara melindungi diri, cara bersikap yang baik/sopan dan menyenangkan. Jebakan Setan Itu Bernama “Kami Sudah Seperti Saudara” Atau “Kami Sudah Seperti Adik Kakak”

2.    Tumbuhkan rasa percaya diri anak

Apapun yang dimiliki anak, ajarkan anak untuk mensyukurinya sebab itulah kunci utama untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Jangan pernah membandingkan anak dnegan anak lainnya sebab hanya akan membuat mereka merasa minder, malu, atau lemah. Inilah yang kemudian menjadi celah bagi anak lain untuk membully dirinya.

3.    Ajarkan ihwal cara bergaul yang baik

Jangan pernah lupa untuk mengajarkan pada anak ihwal budpekerti dan cara bergaul yang baik semoga anak Anda bisa diterima dimanapun ia berada. Adapun contohnya, antara lain : tidak boleh membeda-bedakan teman, suka berbagi, suka membantu, bersikap ramah pada siapa saja, menghargai semua temannya, tidak boleh sok pintar/kaya/keren, dan masih banyak yang lainnya.  Anak yang kurang bisa bergaul dengan temannya inilah yang berisiko menjadi korban bullying. Nah, dikala anak Anda menjadi langsung yang menyenangkan di mata teman-temannya, pastilah ia bakal terbebas dari korban bullying.

4.    Minta anak untuk tegas

Tegas menjadi salah satu kunci untuk menghindari tindakan bullying, maka itu ajarkan anak untuk tegas menolak kalau ada sesuatu yang tidak membuatnya nyaman, membalas dikala ada yang menyakitinya, atau bisa juga bertindak tegas untuk melaporkan kepada guru/pihak yang bertanggung jawab.

5.    Ajarkan anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri

Ketika anak mengalami masalah, Anda tidak harus ikut campur untuk mengatasinya. Ajarkan padanya untuk bisa dan bisa mengatasi masalahnya sendiri, sebab itu bisa menjadi bekal untuk terhindar dari tindakan bullying. Apa yang akan terjadi kalau setiap kali ada masalah, Anda terus yang menyelesaikannya? Yang ada anak Anda akan menjadi langsung yang manja dan tidak mandiri. Dan itu merupakan satu celah untuk anak lain melkaukan tindakan bullying.

6.    Ajarkan anak untuk arif bersikap

Sikap anak dalam menghadapi teman-temannya juga bisa menjadi celah untuk tindakan bullying. Maka itu, ajarkan pada anak untuk arif bersikap, misalnya : tidak pemarah hanya sebab duduk perkara kecil, lebih hening kalau ada yang iseng, masbodoh pada sahabat yang mengejeknya, tidak cengeng dikala dibercandain, dan lainnya.
Beberapa tindakan antisipasi diatas diperlukan bisa menghindarkan anak dari tindakna bullying di manapun berada, terutama di sekolah.

Tags : cara menghentikan bullying di sekolah, cara mengatasi bullying di sekolah, langkah melawan bullying, solusi bullying, 3 langkah melawan tindakan bullying, cara mengatasi bullying dalam bahasa inggris, kesimpulan bullying, makalah tentang bullying di sekolah

0 Response to "Takut Anak Makara Korban Bully? Bekali Anak Dengan 6 Hal Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel