Demam Pada Anak

Pernahkan anak Anda mengalami demam? Jika iya, bagaimana perasaan ibu melihat anaknya demam? Demam pada anak seringkali membuat para ibu cemas dan takut, alasannya seringkali membuat anak rewel dan tidak nafsu makan. Sebenarnya demam bukanlah penyakit, tapi merupakan tanda bahwa imunitas tubuh tengah bekerja melawan kuman/virus dan abses yang ada dalam tubuh.  Jadi, mengapa anak mampu demam? Karena demam membantu tubuh anak dalam mengusir virus penyebab penyakit. Makara mampu dikatakan bahwa demam merupakan alarm bahwa tubuh tengah menghadapi serangan dari virus. (Baca juga : Anak sering demam, berbahayakah?)
Demam ditandai dengan naiknya suhu tubuh diatas 38oC. Mendapati kondisi tersebut, orang renta pasti tidak akan tinggal diam, mereka akan segera memperlihatkan obat turun demam. Memberi obat penurun demam memang baik alasannya membantu menurunkan demam, namun ada baiknya jangan selalu pribadi diberikan, apalagi bila anak masih dalam kondisi nyaman. Demam dapat sembuh dengan sendirinya tanpa obat, balasannya jangan terlalu cemas atau takut berlebihan.
Meskipun demikian, demam pada anak juga wajib diwaspadai, apalagi bila disertai dengan penyakit lainnya, misalnya : sesak nafas, kejang, dehidrasi, muntah, dan lain sebagainya. Nah, biar tidak terlalu cemas ketika anak demam, simak penanganan pertama ketika anak demam berikut ini :
  • Perhatikan penyebab demam. Apabila diikuti batuk pilek, maka penyebabnya yaitu ISPA
  • Perhatikan apakah ada penyakit yang menyertai demam, misalnya sesak nafas, sakit kepala, kejang, dehidrasi, dan lain sebagainya.
  • Penuhi kebutuhan cairannya, alasannya kebutuhan cairan ketika demam akan lebih meningkat sehingga kekurangan cairan dapat memicu dehidrasi.
  • Berikan makanan bergizi lengkap dan seimbang
  • Berikan obat demam apabila diperlukan, alasannya obat memberi efek menenangkan dan membuat anak nyaman.
  • Kompres adegan tubuh anak dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Kenapa bukan air dingin/es, alasannya dapat membuat anak menggigil kedinginan, sedangkan kompres hangat akan membantu mempercepat turunnya demam.
Sudah tahu banyak wacana demam pada anak dan langkah pertama untuk mengatasi demam. Semoga berita diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Demam Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel