Jus Kulit Manggis Untuk Kesehatan Jantung

Buah Manggis mengandung xanthone yang menghasilkan anti-oksidan. Anti Oksidan bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas ini sangat beberbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan gumpalan dan kotoran pada pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.Radikal bebas sangat berpengaruh terhadap penyakit jantung koroner.

Jus Kulit Manggis Untuk Kesehatan Jantung
Kandungan anti-oksidan dalam kulit manggis dapat membuang radikal bebas yang berperan dalam penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, xanthone yang terkandung dalam kulit buah Manggis terdapat senyawa anti-stres yang bisa menurunkan kadar stres seseorang.

Xanthone memiliki manfaat yaitu menjaga kesehatan kardiovaskuler yang diantaranya adalah mengatasi penyakit jantung, hipertensi dan juga trombosis. Xanthone ini dapat berfungsi melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah sehingga mengurangi penumpukan kolesterol yang menyumbat pada pembuluh darah yang menyebabkan penyakit jantung koroner.

Oleh karena manfaat dan kandungan kulit manggis yang sangat istimewa itulah, konsumsi kulit manggis dianggap sebagai salah satu langkah untuk mencegah penyakit jantung koroner. Yang perlu anda lakukan adalah menjaga  kontinuitas dalam konsumsi jus kulit buah Manggis ini.


Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  1. Beberapa buah Manggis (disesuaikan dengan kebutuhan, bisa 2-3 butir). 
  2. 1 gelas air matang. 
  3. Madu secukupnya. 
  4. Gula Aren. 
  5. Blender. 
Cara pembuatannya:

  • Pertama anda kerok kulit buah Manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok. Pengerokan dilakukan pada kulit manggis yang sehat dan tidak terkandung busuk. Perlu diperhatikan saat  melakukan pengerokan kulit buah, hindari bagian yang berwarna hitam atau getah kuning hal ini agar jus yang dihasilkan tidak terasa pahit. 
  • Rebus hasil kerokan kulit manggis ini. Perebusan ini dilakukan untuk menghilangkan sedikit rasa pahit yang terlalu pekat. Dengan direbus terlebih dahulu, maka rasa getir dan pahit bisa sedikit dikurangi. 
  • Jangan membuang air rebusan tadi, karena air rebusan tadi juga memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Anda bisa mencampurnya dengan madu dan gula untuk diminum secara langsung.
  • Masukkanlah hasil kerokan kulit buah Manggis blender, tambahkan air matang sebanyak satu gelas, dan Gula Aren. Anda juga bisa mencampurkan madu dan beberapa buah sesuai selera Anda seperti Alpukat, Mangga, Sirsak untuk menghilangkan rasa pahit.
    Untuk membuat jus ini anda juga bisa memakai air rebusan yang tadi anda sudah pisahkan.
Aturan pakai:
Minum 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.


Yang patut diperhatikan:
Sebagaimana diketahui, kulit buah manggis tidak memiliki rasa yang enak, begitu pula dengan jusnya. 

Anda bisa berkreasi dengan mencampurkan cuka, perasan jeruk lemon, dan lainnya untuk membuat jus ini terasa lebih enak dan tidak membuat eneg.
Minumlah jus kulit manggis ini setelah anda makan.
Simpanlah di tempat tertutup untuk menghindari oksidasi yang mengakibatkan jus menjadi menghitam.
Biasanya pada awal anda meminum maka anda biasanya menemukan rasa kurang nyaman di perut, tetapi hal ini tidak berbahaya untuk kesehatan anda. Jika anda sudah terbiasa maka lama - lama perut akan menjadi nyaman.

Sebaiknya anda rutin meminum jus kulit manggis agar anda bisa merasakan manfaat dan khasiat dari jus ini. Selamat mencoba.

0 Response to "Jus Kulit Manggis Untuk Kesehatan Jantung "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel