7 Jenis Makanan Penunjang KECERDASAN OTAK.

Assalamualaikum... :)
Apakabar semuanya? Semoga hari-hari kita dalam keberkahan Tuhan , InsyaAllah ,
Balik lagi nih , tentunya dengan informasi-informasi yang sangatttttt menarik , Topik kita kali ini akan kita bahas ihwal 7 makanan sehat menunjang kecerdasan otak , Simak yuk! COME ON !

Meskipun kecerdasan anak dipengaruhi oleh faktor internal dari orang renta mereka , tetapi kecerdasan otak anak juga dapat ditingkatkan melalui asupan-asupan gizi yang mereka terima. Nah ini ia beberapa makanan yang dapat menunjang keceradasan otak anak anda , biasakan mulai sekarang , semoga buah hati anda dapat tumbuh menjadi anak yang luar biasa.Yuuuukk baca!.

Nah bunda , kita mungkin beranggapan jikalau kecerdasan anak itu tergantung pada bagaimana orang tuanya , Apalagi untuk kita yang awam nih , "Ya , orang tuanya aja gitu , ya wajar anaknya juga gitu". hehehe.


Baca Yuk ! 7 Jenis Makanan Penunjang KECERDASAN OTAK
Tapi bunda , perlu kita tahu nih , jikalau ternyata bukan hanya faktor genetik saja yang dapat mempengruhi kecerdasan anak bunda loh , Faktor makanan juga penting untuk perkembangan otak anak bunda. Nah blog kita kali ini bunda kita akan bahas makanan-makanan yang bisa menunjang kecerdasan otak buah hati anda , Dibaca Ya. :) :)


1. Salmon
Ya yang pertama kita mulai dari ikan salmon nih bunda , Ikan berlemak ini ialah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang menerima asupan asam lemak omega-3 lebih banya diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para hebat , kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3 , namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.

2. Telur
Telur telah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterol , bab kuning telur ternyata kaya akan kolin , yakni suatu zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.

3. Selai kacang
Kacang tanah dan selai kacang diketahui kaya akan vitamin E , antioksidan yang berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Bersama tiamin , vitamin E akan membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa sebagai kebutuhan energi.

Jika si kecil suka ngemil , berikanlah ia cemilan yang sehat menyerupai kacang-kacangan. Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Selain baik untuk kemampuan berpikir , kacang juga bisa menjadi sumber energi yang baik alasannya ialah kandungan vitamin E dan thiamin di dalamnya dapat mengubah glukosa menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan dari salah satu penelitian , diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3 , khususnya ALA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

4. Gandum murni
Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari badan yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai tugas untuk menduku kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berkhasiat dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

5. Buah beri
Buah-buahan jenis beri menyerupai strawberry , raspberry , blueberry dan sebagainya mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak , sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil. Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat , biji buah beri ternyata juga mengandung asam lemak omega 3 yang selama ini sudah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang berperan dalam perkambangan kecerdasan anak. Selain itu , antioksidan dan vitamin C  yang terkandung di dalamnya , juga dapat mengurangi stres serta berperan dalam meningkatkan kekebalan badan dan mencegah penyakit yang berbahaya menyerupai kanker.

6. Sayuran berwarna
Bahan makanan alami yang berwarna cerah menyerupai wortel , tomat dan bayam merupakan makanan yang kaya akan segudang nutrisi , salah satunya kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Semakin cerah dan segar warna sayuran , maka semakin tinggi pula kandung antioksidannya. Antioksidan dan nutrisi baik lain yang terkandung pada sayuran berwarna dapat mendorong sel-sel otak untuk berubah menjadi lebih berpengaruh dan sehat , yang jadinya juga dapat menunjang kecerdasan otak anak.

Namun sayangnya sebagian besar anak kecil cenderung tidak menyukai sayuran. Nah bagi Bunda yang juga mengalami kesulitan dalam menunjukkan sayuran segar kepada si kecil , Bunda dapat memvariasikan menu dan menyamarkan bentuk sayuran tersebut. Misalnya jikalau buah hati Bunda menyukai cup cake , Bunda dapat mencampurkan parutan wortel ke dalam adonan cup cake tersebut. Selain itu , Bunda juga dapat membentuk sayuran-sayuran menjadi bentuk-bentuk yang unik dan lucu , menyerupai bentuk kartun kesukaan buah hati bunda.

7. Daging sapi bebas lemak
Daging sapi tanpa lemak bisa Bunda jadikan sebagai sumber zat besi , yang merupakan salah satu mineral esensial yang akan membantu anak untuk tetap berenergi dan berkonsentrasi ketika mencar ilmu di sekolah. Bahkan makanan ini merupakan sumber zat besi terbaik yang paling mudah diserap oleh tubuh. Kandungan zinc yang terdapat pada daging sapi tanpa lemak ini juga akan membantu memelihara daya ingat dan kecerdasan otak si kecil.

Nah bunda , itu tuh beberapa tips makanan yang bisa menunjang kecerdasan otak buah hati bunda , tapi bunda jangan lupa ya selain nutrisi makanan , buah hati juga membutuhkan asupan-asupan iktikad dari semenjak kecil bunda , supaya selain cerdas buah hati juga jadi anak yang soleh & solehah yang menyejukkan hati bunda , Insyaallah , Aamiin , :) :).

Terimakasih Telah Berkunjung ,

0 Response to "7 Jenis Makanan Penunjang KECERDASAN OTAK."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel