LUPUS ( Penyakit Seribu Wajah )

Assalamualaikum... ?
Selamat sore untuk anda semua. Bagaimana hari anda ? melelahkan kah? :) :)
Okay , untuk mengisi sore anda sambil beristirahat , mari isi waktu luang dengan membaca...
Postingan kali ini kita akan membahas wacana penyakit lupus , penyakit lupus atau dalam bahasa medis juga dikenal sebagai penyakit seribu wajah. tahukah anda apakah penyebab penyakit ini?
Apakah anda salah satu yang suka berjemur dipagi hari? kalau ia , maka mulai dikala ini anda harus mengurangi kebiasaan itu , kenapa???????

Mari baca iformasi selengkapnya disini !

Lupus atau sering disebut dengan "Penyakit Seribu Wajah" dan "Si Peniru Ulung". Ini merupakan  julukan yang sering digunakan para andal medis untuk menggambarkan Lupus , yaitu penyakit kelainan sistem kekebalan badan yang berbahaya dan sulit dideteksi ataupun didiagnosa.  LUPUS ialah salah satu penyakit  mematikan. Penyakit ini setara dengan penyakit Kanker , banyak yang meningal dunia karena mengidap penyakit ini.

Penyakit Lupus menyerang pada sistem kekebalan badan insan secara berlebihan , sehingga mengganggu kesehatan tubuh. Istilah lupus ini dalam bahasa latin Lupus ialah “anjing hutan”. Ciri ciri Penyakit Lupus yaitu apabila menyerang dada maka akan timbul rasa sakit sehingga menjadikan penderitanya mengalami kesulitan pada dikala bernapas.

Pada penderita penyakit ini awalnya mirip mempunyai kelainan kulit , berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Terdapat bercak-bercak merah di episode wajah dan lengan , mengalami kerontokkan rambut , sering mengalami bisul pada persendian dan sariawan serta mencicipi panas dan rasa lelah yang berkepanjangan. Penyakit ini bukan hanya menyerang pada kulit , akan tetapi juga mampu menyerang hampir ke seluruh organ yang ada di dalam badan manusia.

LUPUS ( Penyakit Seribu Wajah )
Seseorang dapat dikatakan menderita penyakit Lupus Erythematosus dikala tubuhnya menjadi alergi pada dirinya sendiri. Penyakit Lupus ialah istilah dari bahasa Latin yang berarti Serigala.
Hal ini disebabkan penderita penyakit ini pada umumnya memiliki butterfly rash atau ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi yang serupa di pipi Serigala , tetapi berwarna putih.

Penyakit ini dalam ilmu kedokteran disebut Systemic Lupus Erythematosus (SLE) , yaitu ketika penyakit ini sudah menyerang seluruh badan atau sistem internal manusia. Dalam ilmu imunologi atau kekebalan badan , penyakit ini ialah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS. Pada Lupus , badan menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang abnormal dan membuat terlalu banyak antibodi atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan badan sendiri. Dengan demikian , Lupus disebut sebagai autoimmune disease (penyakit dengan kekebalan badan berlebihan).

- Jenis Penyakit Lupus
Systemic lupus erythematosus Lupus ini pada awalnya dapat berefek pada episode badan manapun. Sistem di dalam badan yang secara umum terkena ialah sendi , kulit , paru-paru , ginjal dan darah. Ketika pada umumnya orang berbicara mengenai lupus , lupus tersebut biasanya ialah systemic lupus erythematosus.

1. Discoid lupus erythematosus
Lupus ini berefek hanya pada kulit. Mereka dengan lupus discoid mengalami ruam pada wajah , leher dan kulit kepala. Sejumlah kecil mereka dengan discoid lupus juga dapat mengalami systemic lupus erythematosus , meskipun tidak mungkin untuk memprediksi siapa saja yang akan mengalami bentuk lupus yang lebih serius.

2. Drug-induced lupus erythematosus
Lupus ini terjadi setelah anda menggunakan obat tertentu. Tidak semua orang yang menggunakan obat tersebut mengalami lupus. Lupus jenis ini berefek pada banyak sekali sistem di dalam tubuh. Tanda dan gejala biasanya hilang ketika anda berhenti menggunakan obat yang menyebabkan lupus jenis ini terjadi.

3. Neonatal lupus
Merupakan bentuk langka dari lupus yang berefek pada bayi yang gres lahir. Ibu degan antibody tertentu yang memiliki kekerabatan terhadap penyakit autoimun dapat menurunkannya pada bayi mereka bahkan kalau sang ibu tidak memiliki tanda maupun gejala penyakit autoimun tersebut. Neonatal lupus dapat hilang sebelum menyampaikan perkembangannya. Dalam kasus yang lebih serius dapat menjadikan dilema pada sistem elektrik jantung (congenital heart block).

- Faktor risiko penyakit lupus

faktor yang meningkatkan risiko penyakit lupus , antara lain :

1. Jenis kelamin
Lupus lebih umum pada wanita.

2. Usia
Meskipun lupus dapat berefek pada segala usia , termasuk bayi , anak dan orang sampaumur , tetapi lupus paling umum terdiagnosis pada mereka yang berusia antara 15 hingga 40 tahun.

3. Ras
Lupus umumnya terdapat pada ras Afrika , Hispanics dan Asia.

4. Sinar matahari
Terkena sinar matahari dapat membawa pada lupus kulit atau memicu respon internal pada mereka yang rentan.

5. Obat tertentu
Obat tertentu yang digunakan dalam jangka waktu lama dapat menjadikan drug-induced lupus. Banyak obat yang secara potensial dapat memicu lupus , sebagai pola antara lain ialah antipsychotic chlorpromazine; obat tekanan darah tinggi , mirip hydralazine; obat tuberculosis isonoazid dan obat jantung procainamide. Biasanya membutuhkan jangka waktu penggunaan dalam beberapa bulan sebelum gejala timbul.

6. Terinfeksi virus Epstein-Barr
Merupakan virus yang biasanya tertidur di dalam sel dari sistem imun anda meskipun tidak terperinci alasan mengapa dan apa yang membuat virus tersebut aktif kembali.

7. Terkena zat kimia
Beberapa studi menyampaikan bahwa mereka yang bekerja dan rentan terekspos merkuri dan silica memiliki peningkatan risiko lupus. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami lupus.

- Gejala Penyakit Lupus

1. Gejala umumnya ialah penderita akan sering merasa lemah , kelelahan yang berlebihan , pegal-pegal dan persendian sakit.

2. Timbulnya gangguan pada pencernakan mirip diare , sariawan yang terus-menerus dan demam tinggi yang berkepanjangan.

3. Penderita akan mengalami anemia , karena sel-sel darah merah akan hancur apabila mengidap penyakit ini.

4. Pada kulit penderita akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi , mirip kupu-kupu. Dan ruam merah yang hampir mirip cakram dapat muncul di kulit pada seluruh episode tubuh. Ada juga pada kulit sang penderita akan mudah gosong akhir terkena sinar matahari.

kalau sudah ada 4 gejala penyakit lupus diatas wajib cek darah untuk memastikan anda konkret atau tidak terkena penyakit lupus.

Odipus (orang hidup dengan lupus) akan menghindari hal-hal yang dapat membuat penyakitnya kambuh dengan cara :

1. Menghindari stress
2. Menjaga semoga tidak eksklusif terkena sinar matahari
3. Mengurangi beban kerja yang berlebihan
4. Menghindari pemakaian obat tertentu.

Terus ikuti isu selanjutnya. Kunjungi Blognya terus yaa , Cari tahu isu lainnya di blog Q ini.
Terimakasih Telah Berkunjung.
Semoga Bermanfaat_



0 Response to "LUPUS ( Penyakit Seribu Wajah )"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel