Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita MAAG

Assalamualaikum sobat... ?
Semoga hari ini lebih berkah untuk kita semua.. aamiin..
Malam ini sambil refreshing , cari tahu Yuuuk informasi seputar kesehatan dblog Q..
Kali ini kita akan membahas perihal makanan-makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi penderita penyakit Maag.

Apakah anda pernah mengalami sakit Maag? Wah rasa perih pada lambung yang sangat menyiksa sangat membuat tidak nyaman. Sekarang apakah anda tahu makanan apa saja yang diperbolehkan dikonsumsi dan apa saja yang tidak diperbolehkan? Mauuu Tau? baca yuk infoya disini. CeK!dOt !!!!!!!

Maag atau radang lambung atau tukak lambung ialah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menjadikan sakit , mulas , dan perih pada perut.

Penyakit maag dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Satu dikala , penderita penyakit maag mampu muntah mengandung darah. Beberapa gejala penyakit maag yang biasa dirasakan penderita penyakit maag menyerupai mual , perut terasa nyeri , perih (kembung dan sesak) pada adegan atas perut (ulu hati). Biasanya , nafsu makan menurun secara drastis , wajah pucat , suhu tubuh naik , keluar keringat hambar , dan sering bersendawa terutama dalam keadaan lapar.

- Jenis - Jenis Penyakit Maag
Secara garis besar , ada 2 jenis penyakit maag , yakni:

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita MAAG 
1. Gastritis Akut
Penyakit maag akut ialah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda gila yg ditandai oleh panas , bisul , nyeri , dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung , dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

2. Gastritits Kronis
Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflmasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda gila yg ditandai oleh panas , bisul , nyeri , dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu , yang menjadikan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronis.

- Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan , dibedakan menjadi:

1. Maag ringan
Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini , bila dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di adegan dinding.

2. Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menjadikan nyeri , sakit dan mual yang menyakitkan.

3. Maag kronis
Maag kronis ialah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.

4. Kanker lambung
Kanker lambung terjadi akhir mikroorganisme yang merugikan , yaitu Helycobacter pylori.


- Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari bagi penderita penyakit Maag :

1. Makanan yang banyak mengandung gas:

lemak hewani ,sawi ,kol ,nangka ,pisang ambon ,kedondong ,buah yang dikeringkan dan minuman bersoda.

2. Makanan yang merangsang keluarnya asam lambung:
Kopi ,minuman beralkohol 5-20% ,anggur putih dan sari buah sitrus.

3. Makanan yang sulit dicerna membuat pengosongan lambung lebih lambat
Makanan berlemak ,kue tart ,keju.

4. Makanan makanan yang merusak dinding lambung:
Cuka ,pedas ,merica dan bumbu yang berpengaruh dan bersifat asam (acid).

5. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah:
Alkohol ,coklat ,makanan tinggi lemak dan gorengan.

6. Sumber karbohidrat:
Beras ketan ,mie ,bihun ,bulgur ,jagung ,singkong ,tales ,serta dodol.

Pengosongan lambung normalnya terjadi rata-rata dalam waktu 3 jam setelah pengisian dengan makanan. Bagi penderita maag diharapkan antara waktu makan pagi ke makan siang dan makan siang ke makan malam mengkonsumsi makanan ringan supaya lambung tidak kosong , alasannya walaupun lambung kosong , asam lambung akan terus diproduksi sehingga dapat menjadikan perut perih alasannya asam lambung tersebut akan mencerna dinding lambung itu sendiri akhir kondisi lambung dalam keadaan kosong.

- Makanan yang TIDAK BOLEH dimakan bagi Penderita Penyakit Maag :

1. Makanan yang secara eksklusif merusak dinding lambung: nasi keras , ketan , jagung , ubi talas.

2. Sumber Protein Hewani: daging yang berlemak ,ikan asin , ikan pindang.

3. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat:
a. Sayuran tertentu (sawi , kol , nangka muda ,nanas)
b. Buah-buahan tertentu (nangka , pisang ambon , durian)
c. Makanan berserat tertentu (kedondong , buah yang dikeringkan)

4. Minuman yang mengandung soda dan alkohol: soft drink , tape , susu , anggur putih dan kopi.

5. Makanan yang secara eksklusif merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas , merica.

6. Obat komplemen yang bersifat asam dan merangsang keluarnya asam lambung  zat besi , vitamin C , asam salisilat , acetosal , kartikosteroid dan obat-obat anti rematik.

7. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menjadikan peningkatan peregangan di lambung yang risikonya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak , kudapan manis tart , coklat dan keju.

8. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menjadikan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol , coklat , makanan tinggi lemak , santan kental , goreng-gorengan.

- Buah Untuk Penderita Maag Aman Tanpa Efek Samping

1. Pisang
Pisang banyak disukai oleh banyak kalangan alasannya rasa dan teksturnya. Selain enak , buah berwarna kuning ini memiliki kandungan Kalium menyerupai yang dimiliki oleh buah pepaya dan melon. Kalium dapat menstabilkan keadaan asam lambung dan karenanya dapat menghentikan serangan maag.

2. Pepaya
Pepaya memiliki zat berjulukan papain untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Selain itu , dengan mengkonsumsi pepaya satu jam setelah makan , protein dalam makanan dapat dicerna dengan baik.

3. Jeruk
Meski jeruk sedikit asam , namun jeruk sangatbersahabat bagi penderita maag. Asam asetat dan asam askorbat-nya merupakan obat penyakit lambung yang sangat baik.

4. Alpukat
Para peneliti dari shizuoka university , jepang misalnya menemukan manfaat buah alpukat dalam mengurangi kerusakan hati , termasuk juga kerusakan akhir virus hepatitis.

Alpukat dapat dimakan oleh siapa saja dan berapa saja alasannya kadar asam lemak jenuh pada buah alpukat tergolong rendah. Alpukat tergolong buah yang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Buah alpukat mengandung Vitamin A , Vitamin C , Vitamin B kompleks , Vitamin E dan Vitamin D. Kandungan terbanyak ialah vitamin A.

Beberapa media sempat mengupas kegunaan alpukat sebagai obat maag. Dari beberapa literature , cara membuat obat herbal dari biji alpukat ialah sebagai berikut:
1. Cuci bersih biji alpukat dengan menggunakan air matang
2. Parut biji alpukat
3. Campurkan 100 CC air matang dengan parutan biji alpukat tadi
4. Saring

Aturan pakai sari biji alpukat hasil saringan itu:
1. Sakit maag tidak parah , minum sari biji alpukat 1 kali sehari
2. Sakit maag parah , minum sari biji alpukat 2 kali sehari , pagi dan sore , hingga sembuh.

- Tips mengobati sakit maag secara tradisional
1. Daun Jambu Biji

Selain dapat digunakan untuk mengobati sakit perut dan sariawan , daun jambu biji juga memiliki kegunaan dalam mengatasi sakit maag. Caranya , sediakan 8 lembar daun jambu biji yang masih segar , kemudian dicuci bersih. Rebus dengan 1 ,5 liter air bersih hingga mendidih. Setelah hambar , airnya disaring dan ramuan tersebut diminum secara rutin 3 kali sehari. Pagi , siang dan malam hari sebelum tidur.

2. Temulawak

Tak mampu dipungkiri , temulawak memang tanaman memiliki kegunaan yang hampir selalu ada dalam ramuan tradisional terutama pembuatan jamu. Namun kali ini kita akan menggunakan temulawak untuk mengobati sakit maag. Caranya , 1 rimpang temulawak diiris tipis-tipis dan diangin-anginkan sebentar , kemudian direbus dengan 5-7 gelas air hingga mendidih. Setelah hambar , saring airnya dan diminum 1 kali sehari 1 gelas.

3. Daun Salam

Daun salam biasanya digunakan untuk penyedap kuliner menyerupai pindang gunung , pepes , tumis-tumisan dan kuliner lainnya. Namun selain dijadikan bumbu masak , daun salam juga mampu digunakan untuk mengatasi penyakit maag. Caranya , rebus 15-20 lembar daun salam dengan setengah liter air hingga mendidih. Tambahkan gula kerikil secukupnya supaya rasanya sedikit enak. Minum setiap hari hingga rasa penuh dan perih di lambung hilang.

4. Daun Keji Beling

Keji kaca biasanya digunakan oleh masyarakat di pedesaan sebagai tanaman pagar untuk membatasi perkebunan atau tanah. Selain itu , daun dari tanaman ini mampu menyembuhkan sakit maag. Caranya pun cukup mudah , cukup sediakan 3 lembar daun keji kaca segar kemudian digunakan sebagai lalapan alias dimakan sebagai sahabat nasi. Lakukan secara teratur dan hindari makanan pedas dan asam.

5. Biji Pala

Sama menyerupai daun salam , biji pala biasa digunakan masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak , misalnya soto , sup atau kuliner berkuah lainnya. Namun selain fungsinya sebagai bumbu masak , biji pala juga memiliki kegunaan sebagai obat maag tradisional. Kaprikornus bila Anda mengalami sakit maag ambil 1 gram serbuk biji pala , 6 gram serbuk buah pisang kerikil diseduh dengan 100 ml air bersih. Ulangi pengobatan tersebut selama 30 hari.

Nah itu ia sekilas informasi perihal maag , kita pasti sering mencicipi lambung terasa perih disaat tidak teratur teladan makan , mampu jadi maag anda kambuh , kita harus berhati-hati sobat alasannya maag mampu berakibat kanker looohh.. Ngeri kan????. So , tetap menjaga kesehatan , dan atur teladan makan yang baik serta berolahraga..

Terimakasih Telah Berkunjung.
Salam sehat_


0 Response to "Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bagi Penderita MAAG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel