Resep Tradisional Mengatasi Penyakit Kencing Batu

Assalamualaikum...
Awali pagi ini dengan senyuman , sekalipun mungkin keadaan kita tak memungkinkan untuk dapat bahagia menyerupai senyum kita , Tetapi senyum itu ibadah looo.. ^_^
Naah , , Postingan kali ini kita akan bahas perihal penyakit kencing kerikil nih , , mungkin sudah banyak yang mendengar gimana sih kencing batu? apa kencingnya bukan air ya tapi batu???? hehehhe
Bukan itu ya maksudnya , , kencing kerikil merupakan gangguan kesehatan yang mengganggu akses kencing Mau tau lebih lengkap infonya? Yuk baca disini , simakin berita selengkapnya yaa.. !!!!!!!

Resep Tradisional Mengatasi Penyakit Batu Ginjal
Kencing batu atau biasa juga dikenal dengan kerikil ginjal merupakan  salah satu gangguan kesehatan yang biasanya mengganggu akses kandung kemih. Para ilmuwan menemukan aneka macam bukti yang menawarkan bahwa penyakit ini telah ada semenjak 7000 tahun yang lalu. Batu ginjal terbentuk saat perubahan terjadi dalam keseimbangan normal air , garam , mineral , dan hal lain yang ditemukan dalam air seni.

- Berikut ini beberapa penyebab dari penyakit kencing batu , diantaranya ialah :


1. Faktor genetik
   Faktor genetik atau faktor keturunan memang mendominasi dari penyebab penyakit kencing batu.
2. Bentuk anatomis akses kandung kemih yang tidak normal sehingga dapat menyebabkan pedoman air seni         yang mengandung kalsium terhenti dan lama-kelamaan akan meningkatkan pembentukan kerikil urine.
3. Septiuria
4. Hiperkalsiuria primer
5. Hiperoksaliuria primer

- Adapun faktor biologiknya ialah :

 1. Supersaturasi urin
 2. Kekurangan faktor proteksi
 3. Perubahan pH urin
 4. Nucleasi serta faktor yang dapat melekatkan kristal tubulus renalis.

Jika terjadi peningkatan kalsium dalam air seni dan mensugesti pengerakan kalsium pada tulang akan menimbulkan seseorang tidak dapat bergerak atau kesulitan untuk bergerak , referensi karena lumpuh , membuat air seni berwarna pekat yang diakibatkan kurang konsumsi air putih sehingga membuat air kemih menjadi sedikit dan pekat. Tak hanya disebabkan kurangnya konsumsi air putih , pola makan atau makanan yang dikonsumsi kurang bersih , berkadar kalsium oksalat yang tinggi , misalnya makanan dari olahan susu , softdrink , makanan berkadar garam tinggi , makanan  dengan rasa manis yang tinggi , kopi , teh yang kental , segala jenis makanan dan minuman membuat air seni menjadi pekat sehingga terjadi pengendapan pada ginjal.

Konsumsi vitamin C dan D dengan dosis tinggi yang tidak diimbangi dengan kecukupan vitamin penting lainnya memudahkan terbentuknya batu. Hal ini disebabkan oleh kadar vitamin C dan D yang tinggi sekitar 100-300 mg dalam kedua vitamin tersebut yakni vitamin C yang mengandung kalsium oksalat yang tinggi dan vitamin D dosis tinggi bisa meningkatkan terbentuknya absorbsi kalsium ke dalam usus. Selain itu , obat-obatan untuk kanker (obat sitostatik) semakin mempermudah pembentukan kerikil karena meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

Batu (calculi)yang berasal dari hasil penyaringan dari zat-zat yang terbuang dari dalam tubuh oleh ginjal yang tidak dapat dikeluarkan bersama air seni sehingga dapat mengendap di kandung kemih , di piramid ginjal dan menyebabkan terbentuknya kerikil ginjal di dalam ginjal dan kerikil di akses kemih. Terdapatnya kerikil pada kandung kemih atas merupakan penyebab utama dari gagal ginjal. Pembentukan kerikil ini terjadi karena adanya peningkatan kadar asam urat , kalsium oksalat dan zat-zat lain sebagai pemicu terbentuknya kerikil menyerupai mukoprotein , berkurangnya kadar zat inhibitor (pencegah terbentuknya batu) , misalnya sitrat , adanya infeksi.

Bentuk dan jenis kerikil bervariasi tergantung dimana kerikil tersebut terbentuk dan materi pembentukan dari kerikil itu sendiri , misalnya kalsium oksalat , kalsium fosfat , asam urat , kerikil sistin yang terjadi jawaban faktor genetik , kerikil magnesium amonium fosfat (struvit) , kerikil matrix , santin. Begitu pula bentuk dan warna kerikil , ada yang hitam , coklat , putih , halus , kasar/tajam sehingga dapat melukai akses kencing.

- Berikut ini beberapa gejala kencing batu :

1. Rasa nyeri yang menusuk-nusuk , menjalar ke arah samping mengikuti alur akses kemih.
2. Terkadang saat buang air kecil terasa nyeri
3. Sering anyang-anyangan (keluarnya air seni sedikit-sedikit namun sering)
4. Warna air seni menjadi warna kemerahan menyerupai air daging
5. Terkadang disertai rasa mual dan demam.

- Beberapa cara Mencegah terbentuknya kerikil ginjal

1. Minum banyak cairan , cairan yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari umumnya sebanyak 2 hingga 3 liter. Penuhi kebutuhan tubuh tersebut supaya dapat terhindar dari kencing batu.

2. Ubah kebiasaan makan anda , perhatikan keseimbangan asupan garam dan mineral bagi tubuh.

3. Kurangi mengkonsumsi daging merah , daging unggas dan ikan laut
Gunakan antibiotik untuk menghindari segala macam basil jahat dalam tubuh.

Perawatan dan pengobatan alami untuk kencing batu ginjal ialah :

1. Diusahakan cukup banyak senam atau gerak badan
2. Diusahakan minum air putih yang banyak
3. Diusahakan untuk mengurangi minum teh
4. Menghindari makan bayam , tomat , jeroan , kacang tanah dan cokelat
5. Daun kumis kucing 1 genggam , daun meniran 7 batang , daun ngokilo 10 lembar , temulawak 10 potong ,         dan jagung muda 4 buah. Seluruh materi ini dimasak dengan 4 gelas air dan diminum sepanjang hari (Daun     ngokilo dapat diganti dengan daun gempur watu atau tempuh wiyung).

- Pembatasan makanan tertentu efektif untuk mencegah terbentuknya kristal tersebut. Berikut ini ialah beberapa diet yang disarankan bagi penderita kerikil ginjal , dikutip dari Gicare , Senin (3/5/2010):

1. Perbanyak minum air putih
Air ialah diet paling penting untuk mencegah kerikil ginjal , karena komponen pembentuk kerikil ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil. Penderita kerikil ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2 ,5 liter dalam sehari , sehingga harus minum lebih banyak dari jumlah tersebut. Jika cuaca panas atau sedang banyak acara , konsumsi air harus diperbanyak supaya lebih sering buang air kecil.

2. Batasi kalsium
Biasanya tubuh tidak akan menyerap kalsium melebihi yang dibutuhkan. Namun pada kondisi tertentu misalnya hipercalciuria , kelebihan kalsium dibuang melalui ginjal dalam bentuk air kencing. Penderita kerikil ginjal disarankan untuk membatasi asupan kalsium maksimal 800 mg/hari untuk pria dan 1.200 mg/hari untuk wanita.

Kalsium banyak terdapat pada sayuran hijau , susu dan aneka macam produk olahan berbahan susu. Kalsium pada susu lebih mudah diserap usus dibandingkan pada sayuran hijau.

3. Batasi oksalat
Bersama kalsium , Oksalat (asam yg mengandung satuan COO2) dapat membentuk kristal penyebab kerikil ginjal. Oleh karena itu , penderita kerikil ginjal disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali makanan yang banyak mengandung oksalat. Di antaranya ialah bayam , strawberry , cokelat , gandum , biji-bijian dan teh.

Penderita kerikil ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi oksalat tidak lebih dari 50 mg/hari.

4. Batasi garam dan protein nabati
Membatasi konsumsi garam natrium dapat mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan lewat ginjal. Oleh karena itu kalau yang terbentuk ialah kerikil kalsium , maka konsumsi garam natrium sebaiknya dibatasi antara 2.500-3.500 mg/hari.

Sementara protein hewani bisa memicu beberapa jenis mineral di urine untuk membentuk kerikil ginjal. Karena itu penderita kerikil ginjal harus menggantikannya dengan protein nabati.

5. Perbanyak serat tidak larut
Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tak larut , masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini , serat tak larut yang terdapat pada gandum , padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium saat berada di usus , sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

6. Batasi konsumsi vitamin C
Salah satu hasil metabolisme vitamin C ialah oksalat. Karena oksalat bisa membentuk kristal , maka penderita kerikil ginjal harus membatasi asupan vitamin C.

- Berikut ialah makanan sehat untuk kerikil ginjal:
1. Tingkatkan konsumsi makanan berserat , karbohidrat komplex , sayuran berwarna hijau.
2. Lidah buaya dalam jumlah yang tidak menyebabkan mencret sangat baik untuk mencegah dan mengecilkan ukuran batu.
3. Tingkatkan makanan yang kaya dan tinggi rasio antara magnesium dan 4. kalsium menyerupai jali-jali , jagung , kedelai , oat , beras merah , alpukat , 5. pisang , kacang lima , kentang , dll.
6. Perbanyak serat tidak larut.
Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tak larut , masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini , serat tak larut yang terdapat pada gandum , padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium saat berada di usus , sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

- Berikut resep dari beberapa materi herbal alami yang dijadikan sebagai obat untuk mengobati kencing batu ,   diantaranya ialah :

1. Resep 1

- Siapkan 100 gr jagung muda , 200 gr daun remujung , 150 gr murbei dan 100 gr daun meniran.
- Bersihkan terlebih dahulu semua materi , kemudian rebus seluruh materi tersebut , setelah matang saring ramuan tersebut dan minum airnya. Diminum 1 kali 1 gelas perhari.

2. Resep 2

- Siapkan daun gempur yang sudah ditumbuk halus atau abu daun gempur sebanyak 25 gr , 50 gr daun sendokan , 25 gr daun posor (graptopylium). Kemudian rebus seluruh materi dalam air mendidih , kemudian saring dan minum saat dingin. Lakukan resep ini setiap harinya. Diminum 1 hari 1 gelas.

3. Resep 3

- Siapkan 1 buah kelapa hijau muda dan 1 butir telur ayam kampung. Kemudian lubangi episode atas dari buah kelapa , lalu masukkan isi telur ayam kampung kedalam buah kelapa. Lalu kocok telur ayam yang berada di dalam buah kelapa supaya tercampur dengan air kelapa.

- Setelah tercampur rata , lalu minum ramuan ini. Gunakan ramuan ini setiap harinya minimal 1 kali dalam sehari supaya kerikil yang berada disaluran kemih menjadi hancur.

4. Resep 4

- 20 lembar daun kumis kucing , basuh bersih kemudian tumbuk daun tersebut hingga halus , beri sedikit demi sedikit air , kemudian peras untuk diambil air perasannya hingga 1/2 gelas. Minum ramuan tersebut 1/2 gelas setiap pagi hari selama 1 minggu.

5. Resep 5

- Siapkan 25 daun kaca kaca atau abu daun kaca kaca yang sudah halus , 25 gr daun ngokilo , 25 gr daun kumis kucing dan 25 gr daun meniran beserta akarnya.

- Setelah dicuci bersih , rebus seluruh materi kemudian saring dan minum airnya. Gunakan resep ini selama 5 hari berturut-turut , kemudian berikan waktu jeda atau hentikan sejenak 3-4 hari , kemudian ulangi resep ini menyerupai cara pertama.

6. Resep 6

7 lembar daun pepaya

Cara membuat dan menggunakan :

- Hari Pertama , 3 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya , kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.

- Hari Kedua , 5 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya , kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.

- Hari Ketiga , 7 lembar daun pepaya yang masih segar direbus dengan air secukupnya , kemudian air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.

- Untuk menutupnya ditambah dengan minum air kelapa muda , yang dipilih dari buah kelapa hijau.

Catatan : bagi yang mengidap hipertensi tidak boleh minum resep ini.

7. Resep 7

- Kemuning
- Cuci bersih 30 g daun kemuning segar , lalu jus dalam 150 ml air. Saring hasil jusnya , lalu minum sekaligus      satu kali sehari.

Buat anda yang sedang sakit tetap bersabar dab berdo'a , jangan lupa usahanya untuk berobat yaaa.. ^_^
Semoga bermanfaat
Selamat simpulan pekan_


0 Response to "Resep Tradisional Mengatasi Penyakit Kencing Batu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel