8 Tips Deteksi Bahaya Kanker Pada Tubuh Anda

Lama Tak  Saling menyapa. Insyaallah ukhuwah persaudaraan senantiasa dihati kita ya guys.
BtW gmana nich kabarnya??? selalu Ok khan? Balik lagi nich untuk postingan selanjutnya , semoga menambah info untuk anda semua yaaaa.. !!! ^_^

8 Tips Deteksi Bahaya Kanker  Pada Tubuh Anda
Apakah pernah terpikirkan dibenak anda kalau terdengar kata Kanker?
So pasti mulai terbayang-bayang akan batas waktu hidup yang telah dikuasai penyakit yang satu ini. Memang penyakit yang satu ini jngan anda anggap remeh , karena penyakit kanker akn terdeksi pabila sudah memasuki stadium lanjut , dan penyebar kanker itu membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bertahun-tahun. NAh dari itu kita jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh kita , mulai dari kebersihan diri juga kebersihan lingkungan.

NAh , postingan kita kali ini akan membahas wacana Penyakit kanker kulit guys..
Pengen tau infonya??
Yuuukk baca info selengkapnya disini. Cekidoot!!!!!

Kanker kulit ialah sejenis kanker yang lebih sering menyerang orang dengan pigmen kulit putih. Namun hal ini tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit kanker kulit tidak akan menyerang orang dengan kulit gelap. Hal ini karena kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh ancaman sinar UV yang memapar kulit. Kanker kulit ialah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dan tingkat keganasan kanker pun berbeda-beda. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa , basal dan melanosit. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit) , sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar , sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita , ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital menyerupai jantung , paru-paru , ginjal dan batang otak pada manusia.

Orang berkulit putih cenderung lebih berisiko alasannya mereka memiliki pigmen pelindung dari sinar UV yang jauh lebih sedikit ketimbang orang berkulit hitam. Dengan terjadinya cuaca ekstrem dan gejala pemanasan global , sangat penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri kanker kulit semoga dapat melaksanakan upaya pencegahan semoga terhindar dari penyakit mematikan ini , atau bahkan untuk melaksanakan pengobatan dini.

Fungsi dan Tugas Kulit (Organ Peraba) Pada Manusia ialah sebagai pembatas dan pelindung tubuh anda dari kekurangan cairan , kuman dan benda berbahaya lainnya. Bagian luar dari kulit dinamakan epidermis , ialah lapisan yang selalu berafiliasi dengan lingkungan. Walaupun lapisan epidersmis selalu berganti , namun adegan ini dapat mengalami kerusakan karna pengaruh matahari , bisul , terluka ataupun penyakit kulit lainnya. Lapisan epidermis terdiri dari beragam sel.


Jenis benjolan pada gejala kanker kulit merupakan tanda-tanda adanya kemungkinan kanker kulit stadium awal. Bila Anda menemukan sebuah benjolan tidak wajar , artinya tiba-tiba muncul dan belum pernah dirasakan sebelumnya ,perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

1. Bentuk benjolan yang kurang beraturan atau asimetris. Sehingga antara bentuk adegan kiri dan kanannya terlihat berbeda.

2. Adanya batas pinggiran benjolan yang terlihat tidak rata dan cenderung memiliki tekstur yang kasar.

3. Benjolan memiliki warna yang tidak rata atau bergradasi , misalnya warna gelap di tengah dan warna cokelat muda di adegan pinggir hingga batas tepinya.

4. Besar diameter benjolan yang tidak wajar , bandingkan dengan diameter sebuah pensil.

5. Bentuknya yang berubah-ubah kalau diamati secara teliti. Untuk menandakan hal ini Anda mampu mengambil foto benjolan atau tompel pada hari pertama Anda mengetahuinya. Kemudian lakukan pengambilan foto pada ahad berikutnya , amati apakah ada perubahan bentuk , warna , atau bahkan ukuran.

- Jenis-Jenis Kanker Kulit

1. Actinic Keratosis
Actinic keratosis ialah jenis lain dari merah , merah muda , atau luka kasar pada kulit di kawasan terkena sinar matahari tubuh. Ini ialah bentuk paling umum dari prakanker dan dapat bermetamorfosis karsinoma sel basal pada pasien dengan riwayat dari dua atau lebih kanker kulit (Skin Cancer Foundation , 2012). Meskipun jarang , penyakit ini juga mampu menjadi penggagas untuk karsinoma sel skuamosa , dan keduanya sering salah didiagnosis sebagai satu sama lain.

2. Basal Cell Carcinoma
Sel-sel basal membentuk lapisan terendah dari epidermis , lapisan basal. Kanker di dalam kawasan ini dikenal sebagai karsinoma sel basal , dan terdiri dari sekitar 80 persen dari semua kasus kanker kulit (Columbia University , 2009). Paling umum di kepala dan leher , karsinoma sel basal ialah kanker yang tumbuh lambat yang jarang menyebar ke adegan lain dari tubuh. Biasanya menawarkan pada kulit dibangkitkan , benjolan merah muda lilin. Karsinoma sel basal infiltrasi dapat muncul tembus dengan pembuluh darah bersahabat permukaan kulit.


3. Squamous Cell Carcinoma
Karsinoma sel skuamosa menghipnotis sel-sel di lapisan tengah epidermis. Hal ini biasanya lebih garang daripada karsinoma sel basal. Ini muncul sebagai merah , bersisik , dan lesi kulit kasar , biasanya di kawasan terkena sinar matahari , menyerupai tangan , kepala , leher , bibir , dan telinga. Bercak merah menyerupai mungkin karsinoma sel skuamosa in situ (penyakit Bowen) , bentuk paling awal dari kanker sel skuamosa.

4. Melanoma
Kurang umum daripada jenis lain , melanoma ialah yang paling berbahaya , yang menyebabkan sekitar 75 persen dari semua janjkematian terkait kanker kulit (American Melanoma Foundation , 2009). Hal ini terjadi dalam sel-sel kulit yang membuat pigmen , dan menciptakan tahi lalat atau lesi yang mengikuti teladan ABCDE dalam penyimpangan mereka:
     - Bentuk asimetris
     - Penyimpangan perbatasan
     - Warna
     - Diameter
     - Evolusi lesi


5. 4 Jenis Melanoma yang paling sering ditemui
- Penyebaran superfisial melanoma: Jenis yang paling umum , lesi biasanya     datar , tidak teratur bentuknya , dan mengandung banyak sekali nuansa hitam dan   coklat. Hal ini dapat terjadi pada semua usia.
- Lentigo maligna melanoma: Biasanya menghipnotis orang bau tanah , melibatkan   besar , datar , lesi kecoklatan
- Nodular melanoma: Dapat biru bau tanah , hitam , orreddish-biru , tetapi mungkin   tidak memiliki warna sama sekali. Biasanya dimulai sebagai sebuah patch   dibesarkan.
- Acral melanoma lentiginous: The sedikitnya jenis umum , biasanya   menghipnotis telapak tangan , telapak kaki , atau di bawah jari dan kuku   (AAD , 2010).

6. Kaposi Sarcoma
Meskipun tidak biasanya dianggap sebagai kanker kulit , sarkoma Kaposi ialah jenis lain dari kanker yang melibatkan lesi kulit yang kecoklatan-merah ke biru dalam warna dan biasanya ditemukan pada kaki dan kaki. Ini menghipnotis sel-sel yang melapisi pembuluh darah bersahabat dengan kulit. Kanker ini disebabkan oleh jenis virus herpes dan biasanya berafiliasi dengan pasien dengan AIDS.

Golongan yang Beresiko Terkena Kanker Kulit
Saat ini ada beberapa jenis kanker kulit , kebanyakan membuatkan faktor risiko yang sama , termasuk:
     - terlalu lama terkena sinar UV ditemukan di bawah sinar matahari
     - berada di atas usia 40
     - riwayat keluarga kanker kulit
     - kulit adil
     - transplantasi organ

- Organisasi Non-profit New England untuk kanker kulit melansir melalui situsnya mfne.org bahwa ada 5 tahap atau stadium tingkat keparahan kanker kulit , Ladies. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Pada stadium 0
Sel-sel kanker berada pada lapisan terluar kulit yakni epidermis dan belum menjalar ke dermis. Ladies , mfne.org melansir bahwa stadium 0 ini juga dikatakan melanoma in situ. Untuk menyebar , sel-sel kanker ini harus menuju ke lapisan dermis , dimana kelenjar getah bening dan pembuluh darah berada. Karena stadium O ini belum menuju dermis , maka kemungkinan sembuh ialah 95 %.

2. Stadium I
Kanker menjadi lebih tebal dan masuk lebih dalam ke dalam kulit. Ladies , stadium I ini dibagi menjadi 2 yakni IA dan IB. Ladies , sel kanker pada stadium I ini belum menyebar ke kelenjar getah bening atau organ tubuh yang lain.

3. stadium II
Inilah sel-sel kanker lebih tebal lagi dan telah menyebar ke kelenjar getah bening di sekitarnya namun belum menyebar ke kelenjar getah bening lain yang lebih jauh. Stadium III ini dibagi menjadi 3 yakni A , B , dan C tergantung dari ketebalan dan keparahannya.

4. Stadium III
Ketika sel-sel kanker telah menyebar ke lebih banyak kelenjar getah bening dan menjadi lebih tebal , namun belum ditemukan di organ tubuh yang lain.

5. stadium IV
Sel kanker telah menyebarkan tumornya ke adegan kulit lebih dalam , ke kelenjar-kelenjar getah bening di sekitar tumor hingga lebih jauh ke organ tubuh yang lain.

- Berikut ialah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir resiko terkena kanker:
  
1. Tidak Mengkonsumsi Tembakau
Semua jenis tembakau dapat mengakibatkan kanker. Dengan menolak tembakau , atau memutuskan untuk berhenti , ialah keputusan kesehatan terpenting yang dapat Anda buat. Hal tersebut merupakan langkah penting dalam mencegah terjadinya kanker. Hindari tembakau dalam bentuk apapun dapat secara signifikan mengurangi resiko Anda terkena beberapa jenis kanker.

Bahkan bila Anda tidak merokok , kurangi imbas sebagai perokok pasif. Banyak orang dari seluruh dunia meninggal akhir kanker paru-paru disebabkan karena mereka ialah perokok pasif.
 
2. Konsumsi Beragam Makanan Sehat
Memang dengan membuat pilihan sehat di supermarket dan makan makanan yang Anda konsumsi tidak dapat menjamin Anda tidak akan terkena kanker , akan tetapi langkah tersebut dapat mengurangi resiko Anda terkena kanker. Sekitar 30 persen kanker adalah kanker yang terkait dengan nutrisi , termasuk obesitas.  
 
3. Tetap Aktif Dan Jaga Berat Badan Ideal
Dengan menjaga berat tubuh yang sehat serta berolahraga secara teratur mempunyai peranan penting dalam mencegah kanker. Kegiatan fisik dapat membantu Anda terhindar dari obesitas dengan mengendalikan berat tubuh Anda. Kegiatan fisik dengan sendirinya juga meminimalisir resiko Anda terkena beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara dan kanker usus.

Berusahalah untuk tetap aktif secara fisik sesering mungkin. Sesi olahraga Anda mampu semudah berjalan kaki , mengajak jalan-jalan anjing peliharaan Anda , atau bahkan bermain dengan si kecil di taman.
 
4. Lindungi Diri Anda Dari Sinar Matahari Langsung
Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang umum ditemukan dan paling mudah dicegah. Walaupun imbas eksposur sinar-X yang berulang-ulang atau atau terkena materi kimia tertentu dapat menyebabkan kanker , sinar matahari sejauh ini merupakan penyebab kanker kulit paling umum.

Sebagian besar kanker kulit terjadi pada adegan tubuh Anda yang paling sering terkena sinar matahari , termasuk muka , tangan , lengan dan telinga. Hampir semua kanker kulit dapat disembuhkan bila Anda dapat mendeteksinya secara dini , namun lebih baik mencegah daripada mengobati.
 
5. IMUNISASI
Beberapa jenis kanker terkait dengan bisul virus dan hal ini dapat dicegah melalui imunisasi. Bicarakan pada dokter Anda mengenai imunisasi untuk:

- Hepatitis B
Hepatitis B dapat meningkatkan resiko Anda terkena kanker hati. Vaksinasi sangat direkomendasikan untuk semua bayi. Beberapa orang cukup umur dengan resiko tinggi pun perlu diberikan vaksinasi.

- Human papillomavirus (HPV)
HPV ialah termasuk virus yang ditularkan melalui acara seksual yang dapat mengakibatkan kanker serviks/mulut rahim. Bicarakan dengan dokter Anda wacana baik buruknya imunisasi untuk mengurangi resiko Anda terkena kanker.  
 
6. Deteksikan Diri Anda
Deteksi regular dan pemeriksaan langsung untuk jenis kanker tertentu mungkin tidak dapat mencegah kanker , namun hal ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk menemukan kanker lebih dini – di mana pengobatan dini memperbesar peluang kesembuhan. Pendeteksian harus meliputi kulit , lisan , usus , dan rektum. Bila Anda seorang pria maka pendeteksian harus meliputi prostat serta testis. Bila Anda seorang wanita , tambahkan serviks/mulut rahim dan payudara dalam daftar Anda. Awasi perubahan pada tubuh Anda – hal ini dapat membantu Anda mendeteksi kanker secara dini , memperbesar peluang Anda untuk memperoleh pengobatan dengan hasil yang lebih baik. Bila Anda mendapati perubahan pada tubuh , konsultasikan dengan dokter Anda segera.

- Pemeriksaan Kulit Sendiri
Yang diperlukan: ruangan dengan penerangan yang cukup , satu buah cermin setinggi tubuh , dan satu buah cermin kecil

1. Lihatlah dengan teliti setiap tubuh Anda!
Kiri , letakkan lengan Anda dengan telapak tangan menghadap ke atas , lihat telapak tangan , jari-jari kulit diantara jari-jari dan lengan bawah. Kanan , posisi Anda di depan cermin setinggi tubuh angkat lengan Anda , bengkokkan pada siku-siku dengan telapak tangan menghadap pada dada. Pada cermin lihatlah adegan belakang lengan bawah dan siku-siku.

2. Kemudian berdirilah dengan seluruh tubuh menghadap ke cermin , amatilah adegan depan tubuh , muka , leher , dan lengan atas. Kemudian lihatlah dada , perut , kelamin , paha , dan tungkai bawah.

3. Masih berdiri di depan cermin , putarlah lengan Anda ke kepala dengan telapak tangan berhadapan satu dengan yang lain. Lihatlah adegan samping kanan tubuh Anda , paha , lengan , tangan , tubuh samping , dan tungkai bawah. Kalau sudah akhir ulangilah untuk adegan samping kiri tubuh Anda.

4. Dengan punggung menghadap ke cermin , lihatlah bokong Anda , adegan belakang paha dan tungkai bawah.

5. Ambillah cermin kecil , dengan posisi punggung menghadap cermin setinggi tubuh , lihat leher belakang , punggung dan lengan belakang Anda. Apabila ada beberapa adegan tubuh yang tak terlihat , dapat meminta dukungan pasangan atau sahabat Anda.

6. Gunakan cermin kecil dan cermin besar untuk melihat kulit kepala. Berhubung kulit kepala sulit untuk diperiksa , dianjurkan hair dryer untuk memisah rambut dari kulit kepala. Lihatlah dengan teliti. Sekali lagi , Anda dapat meminta dukungan sahabat Anda.

7. Duduklah di dingklik kecil dan angkat satu tungkai di dingklik yang lain. Dengan cermin kecil , periksa adegan belakang tungkai mulai dari selangkangan hingga ke telapak kaki. Jika sudah akhir ulangi dengan tungkai yang lainnya.

8. Masih dalam posisi duduk , bandingkan tungkai yang satu dengan yang lainnya. Dengan cermin kecil periksa punggung kaki , jari-jari , dan kulit diantara jari-jari kaki. Kemudian lihatlah dengan seteliti mungkin telapak kaki , ulangi untuk kaki yang lain.

Itu die guys info wacana tips deteksi kanker pada tubuh anda. Yuuukk , kita jaga kesehatan kita , karena semua akan terasa berharga saat telah hilang dari genggaman. Maka dari itu guys jaga sehatmu sebelum datang sakitmu.
Semoga Bermanfaat
Terimkasih Telah Berkunjung

0 Response to "8 Tips Deteksi Bahaya Kanker Pada Tubuh Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel